Ayo Dukung para Finalis untuk menjadi Pemenang Favorit DANCOW Kreasi Anak Indonesia

Caranya, vote salah satu Finalis di bawah ini. Tim yang mendapatkan voting terbanyak akan terpilih menjadi Pemenang Favorit.




...

SD Kharisma

Makassar

Lingkungan

Gel Anti Nyamuk Alami

Demam berdarah menjangkit beberapa murid di sekolah SD Kharisma dan begitu pun di sekolah lainnya di Makassar. Di sisi lain, limbah sampah juga menjadi masalah lingkungan. Banyaknya sampah sisa sayur (organic) di pasar-pasar menyebabkan pemandangan kurang enak dipandang dan menyebabkan bau tak sedap. Jika kedua hal ini dihubungkan maka akan mencapai pemikiran bagaimana memanfaatkan limbah sayur yang melimpah di pasar untuk mencegah penyebaran penyakit demam berdarah. Kreasi SD Kharisma berupaya mencari solusi untuk keadaan di atas dengan membuat formulasi gel anti nyamuk alami dari fraksi limbah sayur alami sehingga diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan limbah sayur di masyarakat sekaligus dapat menurunkan kasus nyamuk demam berdarah utamanya pada anak sekolah Makassar. Gel anti nyamuk pada proyek bersumber dari pembuatan ekstrak limbah sayuran dengan menggunakan alat laboratorium sederhana. Diharapkan gel anti nyamuk ini bisa dikembangkan ke depannya lebih baik lagi yang bisa membantu mencegah penyebaran demam berdarah pada murid sekolah.

...

SD Nurul Huda Yapis I

Jayapura

Lingkungan

Daur Ulang Sampah Plastik menjadi Sofa

Ecobrick adalah pengolahan sampah plastik menjadi material ramah lingkungan. Hal ini merupakan upaya untuk mengurangi menumpuknya sampah plastik. Material ramah lingkungan tersebut dibuat dengan memasukkan dan memadatkan sampah plastik yang sudah bersih dan kering ke dalam botol plastik bekas serta menggunakan tongkat kecil untuk memadatkan sampah plastik ke botol tersebut. Ecobrick merupakan metode untuk meminimalisir sampah dengan media botol plastik yang diisi penuh dengan sampah anorganik hingga benar-benar keras dan padat. Tujuan dari ecobrick sendiri adalah untuk mengurangi sampah plastik, serta mendaur ulangnya dengan media botol plastik untuk dijadikan sesuatu yang berguna. Contoh pemanfaatannya adalah untuk pembuatan sofa dan meja yang cantik.

...

SD Santa Clara

Surabaya

Ilmu Pengetahuan & Teknologi

Plastik Biodegradable Ramah Lingkungan

Di era modern untuk memenuhi kebutuhan hidup digunakan pemakaian plastik secara berlebihan. Karena sifatnya yang tidak mudah diurai sehingga memberikan dampak yang buruk bagi bumi. Sampah plastik dimana- mana tanpa adanya solusi untuk mengurangi. Dengan melihat keadaan tersebut kami team SDK Santa Clara mencoba membuat plastik biodegradeble, pllastik yang mudah terurai di alam. Dengan penggunaan bahan yang terdapat di alam yaitu dengan menggunakan pati singkong atau tepung tapioka sebagai bahan utamanya. Semoga palstic biodegradeble sangat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan hidup tanpa merusak lingkungan yaitu bumi.

...

SD Tarakanita Bumijo I

Yogyakarta

Seni & Kreativitas

Wayang Jaman Now

Wayang Jaman Now terinspirasi dari keprihatinan melihat anak sekarang yang lebih cenderung ke gadget, game online dan play station. Bahkan anak sekarang sudah meninggalkan budaya daerahnya dan meninggalkan nilai-nilai sopan santun karena cenderung memiliki dunia sendiri dengan gadget dan mulai tidak peduli dengan keadaan sekitar. Tokoh wayang punakawan dimabil sebagai tokoh untuk project ini terdiri dari: Semar sebagai bapak dan anak-anaknya yaitu Gareng, Petruk dan Bagong. Tokoh wayang ini dibuat dari barang-barang bekas seperti kardus bekas, kaleng bekas, pipa bekas. Kegiatan ini dapat membuat anak berkreasi dalam bidang seni dan bahasa karena melatih kreativitas motoriknya dalam pembuatan wayangnya dan kognitifnya dalam pembuatan cerita.

...

SDI Muhamadiyah 16

Surabaya

Lingkungan

Vacuum Cleaner dari Botol

Alat ini terbuat dari bahan-bahan, antara lain: botol minyak Tropical 2 liter, tutup botol, selang, motor DC, kasa nyamuk, dan kaleng bekas. Bahan-bahan tersebut diproses sedemikian rupa menjadi vacuum cleaner. Ujung penyedot debu terbuat dari selang yang disambungkan dengan tutup botol. Kain kasa nyamuk pada bagian tengah botol digunakan sebagai penyaring dan penahan kotoran agar tidak masuk ke dalam baling-baling kipas. Baling-baling terbuat dari seng yang dipotong berbentuk lingkaran dan dibentuk menggunakan tang jepit agar menyerupai baling-baling. Pada bagian bawah botol diberi lubang-lubang agar angina yang dihisap dapat bergerak bebas keluar ke belakang, sehingga menambah daya hisap alat. Untuk penggerak baling-baling menggunakan motor DC 12 Volt. Arah putaran baling-baling dapat diatur dengan menentukan posisi kutub motor DC yang tepat agar tidak terbalik sehingga alat dapat bekerja dengan baik.

...

SDIT Al Hikmah

Bekasi

Lingkungan

Robot Pembersih Daun di Sekolah

Banyaknya pepohonan hijau di sekolah mengharuskan pihak sekolah dalam menjaga kebersihan harus membersihkan dedaunan yang mengotori area di sekitar pepohonan. Dalam melakukan usaha menjaga kebersihan ini, pihak sekolah masih menggunakan cara manual yaitu membersihkan menggunakan sapu dan mengerahkan tenaga manusia. Namun usaha membersihkan sampah dedaunan jika dilihat dari jumlah personel dengan luas area yang yang harus dibersihkan tidak sebanding. Sehingga dibutuhkan suatu alat/Robot yang diciptakan untuk memecahkan masalah kebersihan sekolah yang mana Robot tersebut mampu membersihkan suatu area yang kotor dengan mudah. di halaman sekolah yang luas terdapat daun-daun yang lama untuk dibersihkan dan sampah daun ini di buang begitu saja, tidak di manfaat menjadi barang yang berguna. Robot Memiliki 5 Pengerak berupa motor DC, 2 untuk menjalankan robot dengan desain robot tank seperti pada gambar, supaya robot dapat tetap berjalan pada permukaan yang tidak rata. Robot dapat di kendalikan secara otomatis dan manual, otomatis menggunakan sensor jarak, jika robot mendeteksi objek di depannya robot akan berputar balik hingga tidak tebentur. Manual bila robot di hubungkan dengan Hp android robot akan dikendalikan melalui Hp android tersebut. Motor DC 3,4 dan 5 akan di gunakan untuk meghisap daun yang ada di lapangan atau tanak di sekolah.

...

SDIT Nurul Fikri

Banjarmasin

Nutrisi

TILANG SEDARZI (Tiga Langkah Sekolah Sadar Gizi)

TILANG SEDARZI (Tiga Langkah Sekolah Sadar Gizi) merupakan bentuk upaya kami dalam sadar dan peduli terhadap gizi. adapun tiga langkah program tersebut, pertama Analisis, kami melakukan analisis setiap makan siang yang disajikan oleh kantin, dan menuliskannya di papan analisis gizi dengan tujuan anak-anak dan guru mengetahui sumber nutrisi yang mereka makan setiap harinya. Langkah kedua kami, kami melakukan sosialisasi, sosialisasi berupa makanan gizi seimbang, mencuci tangan, pemilahan sampah, dimana sasaran dalam sosialisasi ini terdiri dari siswa, orang tua, dan masyarakat. langkah ke tiga kami melakukan aktifitas fisik dengan senam bersama dan membagikan susu dancow setelahnya. dan pemeriksaan TB dan BB yang dilakukan dalam 6 bulan sekali. Tiga Langkah ini dilakukan menyempurkan dari 4 pilar gizi seimbang.

...

SDN 02 Seba

Kupang

Ilmu Pengetahuan & Teknologi

Alat Segel Plastik Sederhana

Alat Segel Plastik Sederhana ini merupakan alat yang dapat digunakan untuk mambantu para penjual untuk menyegel plastik yang aman bagi kesehatan. Alat ini tidak menghasilkan asap seperti ketika penjual menggunakan suluh/lilin sebagai media penyegel plastik. Awalnya alat ini hanya dibuat menggunakan listrik namun dalam penerapannya listrik di daerah kami, sering padam sehingga saya memikirkan solusi alternatif untuk mengatasi hal ini dengan menambahkan batrei sehingga walaupun listrik padam, alat ini tetap dapat digunakan. Alat ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah ditemukan dan harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan alat segel listrik otomatis yang dijual dipasaran.

...

SDN 060827

Medan

Ilmu Pengetahuan & Teknologi

Alarm Tanggap Banjir

Project kami merupakan kelompok yang tergabung dalam kelompok IPTEK DKAI 2019. Team kami yang berjumlah 4 orang siswa bersemangat untuk mengikuti kegiatan ini dengan membuat alarm banjir yang dipasang pada kali/sungai dilingkungan sekolah dan lingkungan rumah peserta dengan tujuan agar warga menjadi waspada apabila ketinggian air mencapai pada batas yang telah di tentukan dengan tanda bunyi dan lampu. Semoga alat yang kami buat berguna untuk warga di lingkungan sekolah dan tempat tinggal peserta.

...

SDN 105341 Durian Team 1

Medan

Ilmu Pengetahuan & Teknologi

Pompa Air yang dioperasikan oleh Smartphone

Letak geografis sekolah dekat dengan pantai yang disekitarnya banyak terdapat tambak ikan dan udang. Dalam tambak harus ada kincir air yang harus terus menyala. Dari kincir air ini terinspirasi membuat pompa air mini. Dengan merangkai instalasi listriknya, ditambah aplikasi dari smarthphone terciptalah sebuah prototype sederhana. POMPA AIR MINI adalah miniatur dari kincir air/motor listrik besar. DIOPERASIKAN adalah rangkaian listrik untuk menyesuaikan pada tegangan dinamo pompa air mini. DENGAN SMARTHPONE adalah aplikasi pada smartphone sebagai ON/OFF pompa air mini yang terhubung melalui jaringan WIFI.

...

SDN 105341 Durian Team 2

Medan

Seni & Kreativitas

Anyaman Ulos Melayu berbahan Lidi Kelapa Sawit

Terciptanya inovasi anyaman lidi kelapa sawit berawal dari melihat sampah dahan kelapa sawit yang dibiarkan begitu saja. Sebuah ide muncul saat melihat sebuah tas yang terbuat dari anyaman lidi. Dari beberapa kali percobaan, berkreasi dan berinovasi, terciptalah produk dari lidi kelapa sawit. Produk yang diciptakan antara lain : hiasan dinding, taplak meja, dan tirai kecil. Anyaman yang dibuat juga coraknya yang disesuaikan dengan budaya didaerah setempat.

...

SDN Cempaka Putih 03

Jakarta

Nutrisi

Menguji Kandungan Makanan Berformalin & Boraks

Kami dari SDN Cempaka Putih Timur 03 Jakarta Pusat. Pilar yang diikuti Nutrisi. Dengan nama team Detektif Borlin, dengan judul project “Menguji kandungan makanan yang mengandung boraks dan formalin”. Untuk menguji makanan yang mengandung boraks menggunakan kunyit. Sedangkan untuk menguji makanan yang mengandung formalin menggunakan larutan PK.

...

SD Dinoyo

Malang

Seni & Kreativitas

Tari Lampah (Pilah Sampah)

Sampah merupakan masalah yang sangat penting untuk segera diatasi. Bukan hanya di kota-kota besar seperti di Jakarta, di kota tercinta kita ini, sampah juga menjadi masalah. Kesadaran untuk mengatasi permasalahan sampah bisa dilakukan dari sejak dini. Dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Salah satu usaha untuk mengatasi masalah itu adalah dengan cara memilah sampah sesuai dengan jenisnya. Pemisahan sampah organic (sampah basah) dan Anorganik (sampah kering) sangat membantu mengurangi permasalahan sampah ini. Kesadaran siswa khususnya di SDN Dinoyo 3 untuk memilah sampah masih kurang. Oleh karena itu, dengan cara yang menarik untuk mengedukasi siswa, kami menciptakan tarian yang berjudul Tari “LAMPAH” (singkatan dari Pilah Sampah) yang mengandung pembelajaran tentang memilah jenis jenis sampah yang ada di sekolah. LAMPAH dalam bahasa Jawa yang berarti berjalan. Berjalan menuju sukses menjadi pegiat untuk menjaga lingkungan. Tarian LAMPAH ini menceritakan keceriaan siswa SDN Dinoyo 3 dalam memilah sampah sesuai dengan jenisnya. Warna Hijau, Kuning dan Biru adalah kode-kode warnanya.

...

SDN Inpres Watusampu

Palu

Nutrisi

Pemenuhan Asupan Gizi terhadap pasca bencana Palu

Gizi merupakan salah satu faktor kunci dalam keberhasilan perbaikan kesehatan, karena gizi yang baik dapat meningkatkan standar kesehatan, bencana yang melanda kota palu tanggal 28 september 2018 menyebabkan banyaknya anak-anak yang tinggal di tendah pengungsian sampai sekarang masih banyak orang tua beserta anaknya harus bertahan hidup di tenda-tenda pengungsian yang tanpa disadari orang tua banyak anak-anak mengalami penurunan status gizi karena kekurangan energi yang disebabkan akses yang buruk terhadap makanan yang tidak berkualitas. Dalam program dencow kreatif anak indonesia peserta lomba DKAI SD INPRES Watusampu mengangkat sebuah tema penerapan asupan gizi terhadap pasca bencana yang dimana peserta DKAI memberikan sosoialisasi dan demonstrasi kepada teman-temannya dan orang tua siswa yang berada di lingkungan sekolah dan huntara (hunian sementara) agar tetap memperhatikan asupan gizi seperti mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mudah diperoleh disekitar lingkungannya. Sekarang Kota Palu dalam kondisi yang belum stabil tantangan berat adalah suhu kota palu yang saat ini mencapai 35 derajat celcius dimana suhu tersebut sangat panas di indonesia sehingga peserta DKAI menyarankan kepada teman-teman untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran yang bergizi dan buah-buahan segar yang banyak mengandung air serta memperbanyak banyak mengonsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi dan yang paling penting adalah menghindari terjadinya gizi buruk sesudah pasca bencana yang melanda kota palu.

...

SDN Kebon Baru 05

Cirebon

Nutrisi

LBT (Lunch Box Tumbler)

LBT adalah singkatan dari Lunch Box Tumbler yang artinya tempat/wadah makan atau bekal, sedangkan SMArT adalah singkatan dari Sehat, Mandiri, Artistik dan Terampil. Maka proyek LBT ini adalah sebuah tempat makan dan botol minum anak untuk bekal ke sekolah yang “Smart”. LBT dilatarbelakangi oleh banyaknya anak yang membawa bekal ke sekolah dengan menu yang kurang sehat dan cenderung membosankan serta tidak memenuhi gizi, selain itu adanya kesadaran dari anak akan perlunya membawa makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Produk ini difokuskan untuk memudahkan anak dan orang tua menyiapkan makanan sehat dan bergizi seimbang serta pemenuhan kebutuhan air putih setiap hari.

...

SDN Kebun Bunga 04

Banjarmasin

Seni & Kreativitas

Kain Sasirangan dengan pewarna alam

Ide kreasi ini berangkat dari pelajaran yang dipelajari di sekolah mengenai salah satu hasil kerajinan Kalimantan Selatan, yaitu Sasirangan. Kain Sasirangan merupakan kain khas Kalimantan yang dari sejarahnya menurut tetua adat Banjar dulunya di pakai untuk pengobatan orang sakit, dan juga di gunakan sebagai laung (ikat kepala adat Banjar), Kakamban (serudung), udat (kemben), babat (ikat pinggang), tapih bahalai (sarung untuk perempuan) dan lain sebagainya. Kain ini juga di pakai untuk upacara-upacara adat Banjar. Namun seiring perkembangan zaman, sekarang Sasirangan sudah jadi pakaian dalam kegiatan sehari-hari. Bahkan, di Pemerintahan Daerah Kalimantan Selatan, Sasirangan disejajarkan dengan Batik. Pembuatan Sasirangan di zaman dulu hanya menggunakan pewarna alam. Sekarang pembuatan Kain Sasirangan sudah menggunakan bahan pewarna kimia, sehingga tidak jarang berdampak negatif pada kesehatan pengrajin, bahkan kepada pemakainya. Di sini tim kami merasa perlu kembali mensosialisasikan pentingnya penggunaan bahan alam, kemudian mengajak serta kembali membudayakan pembuatan kain sasirangan dengan menggunakan bahan pewarna alam karena bahan ini tidak merusak lingkungan dan aman bagi kesehatan. Beberapa solusi yang dipilih tim antara lain: (1) Mengumpulkan informasi dan belajar dari ahli pembuat sasirangan pewarna alam; (2) Melakukan sosialisasi langsung kepada seluruh siswa serta guru dan tenaga pengajar di sekolah; (3) Melakukan sosialisasi melalui video pembuatan sasirangan dengan pewarna alam; (4) Membuat mading; dan (5) Membimbing cara pembuatan kain sasirangan dengan pewarna alam kepada para siswa di sekolah.

...

SDN Klojen

Malang

Lingkungan

Belimbing Wuluh sebagai Pembersih Lantai

Di sekolah kami sebagian besar berlantai keramik, dimana setiap membersihkannya menggunakan bahan kimia yang membahayakan lingkungan. Sedangkan di halaman terdapat pohon Belimbing Wuluh yang selama ini pemanfaatannya kurang. Sehingga kami berupaya untuk memanfaatkan buah Belimbing Wuluh tersebut sebagai pembersih lantai, karena buah ini mengandung Asam Sitrat. Cara pembuatannya pun mudah, kita ambil air sari buah Belimbing Wuluh ditambah sedikit cuka sebagai pengawet dan difermentasikan selama 5 hari. Prototipe kami ini bernama SI ABEL singkatan dari “pemberSIh Alami BELimbing wuluh”.

...

SDN Manyaran 02

Semarang

Nutrisi

Bakama Sehati

“Bekama Sehati” proyek kegiatan ini merupakan aplikasi dari observasi yang dilakukan oleh tim Dokcil Esmanda yang menemukan masalah bahwa siswa-siswi SDN Manyaran 02 baru 35 % siswa yag membawa bekal makanan dari rumah. Dari jumlah itu baru 14% bekal yang dibawa memiliki kandungan nutrisi lengkap. Hal lain yang didapatkan jajanan anak sekolah sekitar kurang memiliki nutrisi yang baik dan cenderung mengandung bahan-bahan kimia buatan yang tentunya kurang baik untuk kesehatan terutama anak-anak di usia tumbuh kembang yang memerlukan asupan nutrisi seimbang. Project “Bekama Sehati” bertujuan memberikan pendidikan, pelatihan dan pembiasaan kepada siswa-siswi khususnya dan wali siswa SDN Manyaran 02 Kota Semarang agar membiasakan membawa bekal sehat dari rumah. Sehingga ketika hal tersebut dapat terwujud, diharapkan dapat memberikan peningkatan signifikan terhadap kesehatan anak dan prestasi siswa-siswi. Hal ini sesuai dengan jargon SDN Manyaran 02 yaitu “ SEHATI” ( Sehat dan Berprestasi) dimana sekolah mendukung penuh upaya menciptakan lingkungan sekolah yang sehat guna tercapainya prestasi siswa-siswi baik akademik maupun non akademik. Kegiatan ini memiliki keunggulan yaitu kegiatan yang melibatkan kolaborasi sekolah dengan wali siswa dan penggunaan bahan lokal sebagai bekal makanan siswa yang tentunya memiliki kandungan gizi yang seimbang. Melalui kegiatan ini pula diharapkan siswa-siswi memperoleh ilmu tentang kreasi bekal makanan yang mudah dibuat namun memiliki nilai nutrisi tinggi dan ketika di rumah dapat menyampaikan ilmu kepada bapak ibu di rumah serta lingkungan. Melalui implementasi project ini kami berharap dapat diteruskan kepada pihak lain agar kegiatan serupa dapat menginspirasi dan memberikan kontribusi peningkatan kesehatan dan prestasi siswa-siswi. Nilai tambah project yang kami lakukan dapat membiasakan anak-anak untuk gemar minum susu dan rutin membawa minum air putih ke sekolah, hal lain siswa-siswi juga diajak membudayakan kegiatan cuci tangan dengan benar dan budaya antre di sekolah.

...

SDN Pemurus Dalam 6

Banjarmasin

Ilmu Pengetahuan & Teknologi

Antena TV Sederhana dari kaleng Bekas

Mengembangkan kreatifitas dengan mendaur ulang barang kaleng bekas yang dibuang begitu sajamenjadi barang yang dapat memiliki nilai ekonomi sehingga masyarakat untuk nonoton siaran TV tidak perlu lagi beli antena TV yang dijual di toko karena antena TV yang kami buat kwalitasnya tidak kalah dengan antena TV yang dijual ditoko ,dapat menimbulkan gambar dan suara yang jernih pada TV , harapan kami ide kreasi ini dapat dikembangkan lebih baik lagi dikemudian hari , sehingga masyarakat sekitar dapat membuat sendiri dan dapat menikmati , memanfaatkan hasil kreasi tersebut , selain itu juga dengan adanya ide kreasi tersebut diharapkan dapat mengurangi limbah sampah non organik sehingga tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman

...

SLB A Karya Murni

Medan

Seni & Kreativitas

Permainan Piramida Ramah Tuna Netra

Permainan yang ramah untuk anak anak tuna netra & anak-anak lainnya, permainan tersebut dapat dimainkan bersama-sama atau team untuk membuat permainan menjadi semakin menarik, Pyramida terdiri dari 15 tabung paralon yang didalamnya diberi kerincing supaya anak tunanetra dapat mendengar arah paralon tersebut. Dimainkan oleh 4 orang anak dan dipandu oleh 1 orang instruktur Menyusun paralon sesuai dengan kata kunci dari instruktur, anak bergerak membawa boneka menuju ke garis finish.

Tahapan Kompetisi DANCOW Kreasi Anak Indonesia

Catat tanggalnya, jangan sampai kelewatan!

Tanya Jawab

DANCOW Kreasi Anak Indonesia adalah program yang mendukung anak usia Sekolah Dasar untuk bisa belajar berpikir kreatif dan peduli terhadap permasalahan sekitar. Hal ini diwujudkan dalam bentuk kompetisi antar sekolah dimana anak diajak untuk membuat ide kreasi dari 4 (empat) pilihan tema, yaitu ilmu pengetahuan & teknologi, nutrisi, lingkungan, serta seni & kreativitas. Ide kreasi terbaik akan dikembangkan menjadi prototipe dan diharapkan dapat menjadi solusi untuk masalah yang ada di sekitar.

DANCOW Kreasi Anak Indonesia diselenggarakan melalui situs https://FortiGro.dancow.co.id/dkai/, untuk mempermudah para siswa, guru, dan orang tua dalam mengaksesnya.
Program DANCOW Kreasi Anak Indonesia bertujuan untuk mendukung anak Indonesia lebih peduli dengan permasalahan yang ada di sekitarnya, lalu dapat berpikir kreatif untuk membantu mencari solusinya.
DANCOW Kreasi Anak Indonesia dapat diikuti oleh anak kelas 3-5 SD yang terdaftar di sekolah yang sama. Bisa diikuti individu atau tim (jika tim maksimal berisikan 4 siswa) dan wajib didampingi oleh satu orang guru. Setiap sekolah dapat mengirimkan lebih dari satu ide.
Orang tua dapat memberitahukan, menjelaskan, atau mengajak pihak sekolah untuk ikut serta dalam kompetisi DANCOW Kreasi Anak Indonesia. Selain itu, orang tua pun dapat memberikan dukungan kepada anak dan pihak sekolah selama mengikuti kompetisi ini.
Setiap guru dapat menyarankan pihak sekolah dan orang tua untuk memberikan izin pada siswa untuk berpartisipasi dalam kompetisi DANCOW Kreasi Anak Indonesia, serta mendampingi siswa selama kompetisi berlangsung.
Pendaftaran : 15 Maret – 30 Juni 2019
Pengumuman 20 Ide Kreasi Terbaik : 15 Juli 2019
Pengembangan Prototipe : 16 Juli – 15 Agustus 2019
Penjurian Final : September 2019
Cara berpartisipasi dapat disimak selengkapnya di laman “Cara Ikut Kompetisi” di situs https://FortiGro.dancow.co.id/dkai/. Sebelum mengikuti kompetisi, pastikan baca dengan teliti Syarat & Ketentuan kompetisi DANCOW Kreasi Anak Indonesia.
Orang tua atau guru dapat mendaftarkan siswa sebagai peserta kompetisi melalui situs https://FortiGro.dancow.co.id/dkai/, atas izin pihak sekolah.
Juara 1 (masing-masing tema) Rp 20.000.000
Juara 2 (masing-masing tema) Rp 15.000.000
Juara 3 (masing-masing tema) Rp 10.000.000
Guru Pendamping Terbaik Rp 5.000.000
Tabungan Pendidikan untuk seluruh 20 finalis terbaik masing-masing tim mendapat Rp 2.000.000
Apresiasi kepada seluruh guru pendamping dari 20 finalis terbaik mendapat Rp 2.000.000
Peserta tidak dikenakan biaya apa pun dan dalam bentuk apa pun selama mengikuti program DANCOW Kreasi Anak Indonesia. Waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan PT Nestlé Indonesia maupun Nestlé DANCOW Fortigro.