3 Cara Mengajarkan Anak Beramal

3 Cara Mengajarkan Anak Beramal

Perbanyak amalan di bulan suci Ramadhan adalah salah satu seruan bagi kita umat Muslim, termasuk di dalamnya zakat, infak dan sedekah. Alangkah baiknya jika jiwa dan semangat beramal juga ditularkan kepada anak-anak kita. Ini beberapa cara mengajarkan anak-anak untuk beramal:

 

1. Bangun Rasa Peduli

Jelaskan kepada Buah Hati bahwa manusia diciptakan berbeda-beda. Ada yang mampu dan ada yang berkekurangan. Mereka yang kurang beruntung bisa menjadi ladang amal bagi mereka yang lebih mampu. Agama pun mengajarkan kita untuk saling membantu dan saling berbagi. Caranya bisa dengan menyisihkan sebagian harta untuk menyantuni mereka yang miskin, membantu anak yatim, menolong mereka yang terkena bencana, dan sebagainya.

article 5 img 1

 

2. Beri Contoh

Cara terbaik untuk mengajarkan Si Buah Hati untuk beramal tidak cukup melalui kata-kata semata tetapi alangkah baiknya jika dengan memberi contoh. Usahakan Ayah dan Bunda sesering mungkin memberi teladan dengan mengisi kotak amal saat di mesjid, mengajak Si Buah Hati ke panti asuhan atau memberi makan kaum dhuafa. Dengan begitu mereka akan terpacu untuk mengikuti jejak Ayah dan Bunda.

article 5 img 2

 

3. Sediakan Celengan Amal di Rumah

Ajak anak-anak untuk menyisihkan sisa uang jajan mereka di sekolah atau uang kecil kembalian berbelanja dengan memasukkannya ke celengan khusus amal. Sesekali berikan juga mereka uang yang lebih besar nominalnya untuk dapat dimasukkan ke dalam celengan tersebut. Sehingga mereka mengerti bahwa Ayah dan Bunda juga menyisihkan harta yang jumlahnya lebih besar untuk diberikan kepada yang membutuhkan.

article 5 img 3

 

Membesarkan anak yang dermawan dan berhati mulia juga perlu dukungan asupan nutrisi yang baik. Pastikan Dancow Fortigro selalu tersedia bagi Si Buah Hati saat sahur dan berbuka serta selama masa pertumbuhannya.