3 Kriteria Sarapan Sehat bagi Si Buah Hati

Dipublish Tanggal 29 July 2020 16:35:03

Bagi Si Buah Hati, menyantap sarapan sehat bukan hanya untuk memenuhi gizi harian. Sarapan juga memberinya energi untuk memulai aktivitas di pagi hari dan mendukung konsentrasi saat belajar. Sarapan yang sehat itu seperti apa sih? Simak kriterianya di bawah ini, yuk.

1. Sarapan Sebelum Jam 9 Pagi

Saat tidur malam, tubuh anak tidak mendapat asupan gizi dalam waktu yang lebih panjang. Padahal zat gizi yang ia dapatkan dari makan malamnya sudah mulai dicerna oleh tubuh. Karenanya, sarapan perlu disantap sebelum jam 9 pagi agar tubuh segera mendapat asupan energi lagi. Untuk memenuhi kebutuhan gizi harian tidak bisa dilakukan dalam satu kali makan saja, tetapi dibagi menjadi tiga kali makan setiap 4-6 jam.

2. Menu Sarapan dengan Gizi Seimbang

Sarapan merupakan bagian dari proses pemenuhan gizi harian Si Buah Hati. Karena sarapan yang baik bukan sekedar untuk membuat perut kenyang, Bunda perlu memastikan menu sarapan Si Buah Hati mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup. Jumlah yang cukup di sini, setidaknya memenuhi seperempat kebutuhan gizi harian. Pastikan sayuran dan buah selalu ada di menu sarapannya, ya Bun. Lengkapi juga nutrisinya dengan memberikan segelas susu DANCOW FortiGro yang kelezatannya disukai Si Buah Hati.

3. Sarapan Jangan Tergesa-Gesa

Biasakan Si Buah Hati untuk menyantap sarapan dengan baik dan tidak tergesa-gesa ya, Bunda. Untuk dapat menerapkan hal ini, biasakan Si Buah Hati makan malam sebelum jam 7 malam dan tidur sebelum jam 9 malam agar keesokan harinya bisa bangun dengan segar di pagi hari. Karena Si Buah Hati memerlukan waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri sebelum sarapan dan berangkat ke sekolah.