4 Cara Ajari Si Buah Hati Belajar Bersabar di Bulan Puasa

Dipublish Tanggal 12 May 2020 11:43:30

Cara mengajari Si Buah Hati puasa sejak dini sama dengan mengajarkan Si Buah Hati bersabar menanti datangnya waktu berbuka puasa, tentunya tidak mudah. Di usianya saat ini, ia belum begitu mengerti apa artinya sabar, dan kenapa harus bersabar menahan lapar dan haus hingga bedug Magrib tiba. Tugas Bunda adalah terus dampingi Si Buah Hati dan berikan dukungan moral untuk latih kesabarannya.

Nah, bagaimana ya caranya membentuk karakter sabar pada diri Si Buah Hati? Bunda bisa ikuti beberapa tips berikut ini.

Menjadi Teladan yang Baik

menjadi teladan

Salah satu cara paling baik adalah dengan memberi contoh. Sadar atau tidak, sikap dan perilaku kita sangat dicontoh oleh anak-anak. Oleh karena itu, jika ingin melatih anak untuk bersabar kita harus bersikap sabar juga. Jangan cepat marah jika dia merengek tidak kuat puasa, jangan ngomel saat membawa anak menyetir di jalanan, jangan buru-buru saat melakukan sesuatu. Itu adalah beberapa contoh yang bisa Bunda lakukan.

Biarkan Ia Menunggu

menunggu

Salah satu cara melatih Si Buah Hati untuk bersabar adalah dengan membiarkannya menunggu. Jelaskan padanya bahwa ada beberapa hal dalam hidup ini yang harus dilakukan dengan mengantre sesuai urutan. Beberapa momen yang bisa digunakan oleh Bunda untuk melatih ia bersabar misalnya saat menunggu Bunda selesai beres-beres rumah untuk menemaninya bermain, atau menunggu giliran ketika bermain. Dengan demikian ia akan terlatih untuk bersabar.

Tunda Mengabulkan Keinginannya

Salah satu hal yang sering kali kita lakukan sebagai orang tua adalah memberikan Si Buah Hati apa pun yang ia mau dengan cepat. Mungkin karena kita takut ia marah atau ngambek. Hal ini akan membuatnya tidak belajar bahwa segala sesuatu itu butuh proses dan tidak serba cepat. Alangkah baiknya kita latih dia untuk menunggu sebelum mendapatkan sesuatu. Sebagai contoh, jika Si Buah Hati ingin sepeda, biarkan dia menunggu beberapa waktu sebelum dikabulkan. Beri batas waktu atau beri syarat untuk mengabulkannya. Misalnya di akhir bulan setelah Ayah gajian, atau setelah nilai rapor sekolahnya bagus.

Beri Aktivitas Baru

Beri aktivitas

Salah satu cara ampuh untuk mengajarkan dia bersabar adalah memberi dia aktivitas baru saat sedang menunggu. Ajak dia main tebak-tebakan, berikan dia kertas dan pensil untuk menggambar atau bawakan Si Buah Hati buku cerita. Hal tersebut bisa membantu anak terlatih bersabar dalam menunggu sesuatu termasuk menunggu waktu berbuka puasa.

Selain memberikan dukungan moral dengan melakukan beberapa tips di atas, Bunda juga perlu membantunya siap puasa dengan menyiapkan makanan bergizi seimbang. Berikan ia segelas DANCOW FortiGro yang mengandung protein, kalsium, vitamin D, magnesium, zink; vitamin A, C, dan E; vitamin B1, B2, B3, zat besi; serta omega 6 dan minyak Ikan, yang dapat mendukung pertumbuhan dan proses belajar Si Buah Hati. Untuk bantu penuhi nutrisi Si Buah Hati selama berpuasa, Bunda dapat menyiapkan satu gelas DANCOW FortiGro sebelum tidur dan saat sahur.

Mau tahu tips lainnya supaya #KitaSiapPuasa seharian di rumah saja? Bunda bisa cek infonya di sini. Selain itu, temukan juga aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama Si Buah Hati selama puasa di akun instagram @dancow, dan ikuti tantangannya untuk menangkan hadiahnya!