5 Cara Bantu Si Buah Hati Belajar dengan Mandiri

5 Cara Bantu Si Buah Hati Belajar dengan Mandiri

 

artikelsept

 

5 Cara Bantu Si Buah Hati Belajar dengan Mandiri

 

Bunda, apakah Si Buah Hati mempunyai banyak tugas dari sekolah? Biasakan Si Buah Hati belajar dengan mandiri demi manfaat untuk dirinya saat ia dewasa. Berikut adalah tips mengajarkan Si Buah Hati belajar dengan mandiri.

1. Tentukan Waktu Belajar

Tentukan bersama waktu belajar dan durasinya untuk Si Buah Hati. Pilih waktu yang paling nyaman untuknya. Misalnya, pukul 5 sore adalah waktu Si Buah Hati untuk mengerjakan tugas selama 1 jam. Sepakati dengan Si Buah Hati dan ingatkan dia kalau dia lupa.

2. Sediakan Tempat untuk Belajar

Pastikan ada meja dan kursi dengan ukuran yang sesuai untuk Si Buah Hati belajar di rumah. Letakkan di tempat yang tenang dan terang. Jangan letakkan meja belajar anak di ruang keluarga dimana anggota keluarga lainnya biasanya berkumpul atau menonton TV.

3. Biarkan Si Buah Hati Mengerjakan Tugasnya Sendiri

Tugas sekolah diberikan untuk mendukung aktivitas belajar anak. Perlu diingat bahwa peran orang tua hanya sebagai fasilitator. Jika Bunda mengambil alih tugasnya, Si Buah Hati akan kehilangan kesempatan untuk belajar bertanggung jawab.

4. Biarkan Si Buah Hati Siapkan Tas Sekolah Sendiri
Melanjutkan poin selanjutnya, menyiapkan tas sekolah untuk hari esok bisa menjadi kewajiban Si Buah Hati sendiri. Dengan ini Bunda bisa mengajarkan pentingnya hari esok dan mendorong Si Buah Hati untuk menyiapkan sesuatu sebelum hal itu dibutuhkan.

5. Beri Pujian dan Dukungan

Hargai usaha dan proses Si Buah Hati dalam mengerjakan setiap tugasnya. Beri pujian saat ia berhasil dan melakukannya dengan baik. Nah, jika Bunda menemukan kekurangan atau kesalahan, arahkan Si Buah Hati untuk menemukan apa yang perlu ia perbaiki.