5 Cara Mengajarkan Anak Berpuasa

5 Cara Mengajarkan Anak Berpuasa

Memperkenalkan anak-anak pada ibadah puasa tentu tidak mudah. Namun adalah tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk mengajarkan anak-anak berpuasa secara bertahap dan perlahan:

 

1. Pastikan Ia Siap Secara Fisik dan Psikis

Pertama dan yang utama adalah pastikan Si Buah Hati memang siap secara fisik dan psikis untuk ikut berpuasa. Jangan memaksanya karena membuatnya jadi tidak menyukai ibadah ini.

article 4 img 1

 

2. Jelaskan Konsep Puasa

Walau mereka mungkin belum terlalu mengerti, penting bagi Ayah dan Bunda untuk menjelaskan maksud dan manfaat daripada puasa Ramadan. Pastikan penjelasannya menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tanpa menakut-nakuti mereka mengenai dosa dan neraka jika tidak berpuasa.

article 4 img 2

 

3. Mulai Secara Bertahap

Latih anak berpuasa secara bertahap sesuai dengan kemampuan fisik anak. Awali dengan puasa hingga waktu Zuhur dahulu selama beberapa hari, kemudian berpuasa hingga waktu Asar. Kalau dia sudah merasa kuat, boleh mencoba berpuasa hingga beduk Magrib. Bisa juga dilatih untuk berpuasa hingga Zuhur, makan siang dulu, lalu melanjutkan puasanya hingga Magrib.

article 4 img 3

 

4. Kegiatan Seru Saat Ngabuburit

Waktu menunggu berbuka bisa jadi membosankan bagi anak. Siapkan berbagai kegiatan seru untuk mengisi waktu berbuka agar Si Buah Hati tetap semangat melanjutkan puasanya hingga Magrib. Memasak takjil bersama, membaca buku, atau bermain bersama adik bisa jadi kegiatan seru untuk mengisi waktu.

article 4 img 4

 

5. Pastikan Nutrisinya Cukup

Mengajarkan Si Buah Hati berpuasa tak lepas dari mengajarkan pentingnya sahur dan berbuka dengan asupan gizi yang baik untuk kesehatannya. Pastikan ia selalu mengonsumsi karbohidrat, protein, sayur dan buah yang cukup serta selalu berikan Dancow Fortigro yang lengkap nutrisinya untuk mendukung tumbuh-kembangnya.

article 4 img 5

 

Nah, sekarang Ayah & Bunda sudah siap mengajak Si Buah Hati berpuasa, kan?