5 Ide Bekal Sehat untuk Si Buah Hati Agar Ia #SiapSekolah

https://www.shutterstock.com/image-photo/protein-omelet-chicken-roll-spinach-corn-1577386612

Menyiapkan bekal sekolah Si Buah Hati tidak sekadar menyajikan makanan yang ia suka. Bunda juga perlu memperhatikan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Salah satu nutrisi yang wajib ada di bekal sekolah Si Buah Hati adalah protein.

 

Kenapa Protein Penting untuk Si Buah Hati?

Protein mengandung asam amino, yang dapat membantu menjaga mood dan fokus Si Buah Hati. Ini karena asam amino dapat memengaruhi kerja hormon pada otak yang fungsinya mengatur suasana hati dan membantu berpikir dengan fokus. Jadi, sebisa mungkin Bunda perhatikan lagi asupan makanan Si Buah Hati, ya. Disarankan Bunda tidak memberikan Si Buah Hati makanan yang mengandung pemanis buatan karena, seperti minuman dan makanan dalam kemasan, yang dapat menyebabkan asupan gula darah meningkat drastis dan memengaruhi suasana hati Si Buah Hati. Selain itu, konsumsi protein juga dapat mencegah anak cepat lapar, yang juga bisa mengganggu suasana hati dan fokus belajarnya.

 

Nah, biasanya protein disajikan sebagai lauk-pauk. Kalau Bunda bingung mau menyiapkan lauk-pauk untuk bekal Si Buah Hati, di bawah ini Bunda bisa intip beberapa kreasinya. Yuk, disimak!

1. Sup Jamur

 https://www.shutterstock.com/image-photo/mushroom-soup-chicken-meat-on-wooden-686993833

 

Menu ini bisa juga dijadikan menu bekal Si Buah Hati. Bahan yang perlu dipersiapkan adalah satu bungkus jamur tiram, kaldu jamur, dan air secukupnya. Cara membuatnya mudah. Cuci jamur yang sudah diiris hingga bersih, lalu peras. Masukkan irisan jamur ke air mendidih, lalu tuang kaldu jamur. Setelah diaduk rata, sup jamur siap disajikan.

 

2. Sapo Tahu

https://www.shutterstock.com/image-photo/chinese-cuisine-which-usually-called-sapo-1510698758

 

Bukan rahasia lagi bahwa tahu adalah sumber protein tinggi yang tentunya baik dikonsumsi Si Buah Hati selama di sekolah. Sediakan dua potong tahu, dua wortel diiris serong, kaldu jamur, dan air secukupnya untuk membuat sapo tahu ini. Bila bahan sudah tersedia semua, tumis irisan wortel dan kaldu jamur. Oseng sebentar, lalu masukkan tahu dan tuang air. Aduk hingga rata dan sajikan untuk menu bekal Si Buah Hati.

 

3. Tumis Lidah Sapi

Menu ini bisa jadi pilihan menu bekal Si Buah Hati yang cukup variatif. Bagaimana tidak? Biasanya orang tua membawakan bekal yang itu-itu saja seperti sandwich (roti lapis) atau chicken nugget. Kali ini Bunda bisa coba menyajikan menu yang lebih menarik dan tentunya berbeda dari teman-teman Si Buah Hati di sekolah.

 

Bahan-bahannya adalah potongan lidah sapi rebus, dua sendok makan saus tiram dan satu sendok teh kecap asin, tiga siung irisan bawang merah, dan dua siung irisan bawang putih. Cara membuatnya, tumis bawang merah dan putih. Masukkan lidah sapi rebus, kecap asin, dan saus tiram. Aduk rata, dan tumis lidah sapi siap dimasukkan ke dalam koak bekal Si Buah Hati.

 

4. Omelette Jagung

https://www.shutterstock.com/image-photo/protein-omelet-chicken-roll-spinach-corn-1577386612

 

Telur merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk mendukung proses belajar Si Buah Hati, Bunda. Menurut informasi yang dipublikasikan oleh Harvard Medical School, telur ayam mengandung kolin yang bermanfaat untuk mendukung fungsi memori otak anak.

Bunda bisa mengolah telur menjadi menu omelette jagung untuk bekal Si Buah Hati. Siapkan ½ jagung yang dipipil dan ditumbuk, satu buah telur ayam, satu batang seledri dan satu batang daun bawang yang diiris, satu siung bawang merah serta satu siung bawang putih yang dicincang halus.

Cara membuatnya, masukkan tumbukan jagung, seledri, daun bawang, dan bawang merah dan putih ke dalam mangkok. Pecahkan dan masukkan telur ayam ke dalam mangkok. Aduk rata, lalu tuang adonan ke penggorengan. Masak hingga kuning kecokelatan, tiriskan, dan siap disajikan.

 

5. Ayam Suwir

Untuk membuat menu ini, Bunda perlu menyiapkan dua paha ayam rebus yang disuwir, kaldu bubuk, kecap manis, dan minyak secukupnya. Panaskan minyak sayur. Masukkan ayam suwir, kaldu bubuk, dan kecap manis. Tutup penggorengan hingga masakan mengering, dan ayam suwir ini siap disajikan.

 

Jangan lupa Bunda, lengkapi bekal sekolah Si Buah Hati dengan DANCOW FortiGro UHT, ya. DANCOW FortiGro UHT cokelat dan stroberi mengandung protein, kalsium; vitamin A, D, C, B1, B2, B3, dan B6, untuk melengkapi kebutuhan nutrisi Si Buah Hati setiap hari. Hadir dengan ukuran dan kemasan baru, DANCOW FortiGro UHT bisa menjadi pilihan bekal nutrisi untuk mendukung Si Buah Hati #SiapSekolah!

 

5 Ide Bekal Sehat untuk Si Buah Hati Agar Ia #SiapSekolah