5 Tips Membantu Si Buah Hati Mengembangkan Potensi Dirinya

5 Tips Membantu Si Buah Hati Mengembangkan Potensi Dirinya

zxcsdc

 

5 Tips Membantu Si Buah Hati Mengembangkan Potensi Dirinya

 

Ayah dan Bunda, apakah bakat dan potensi diri Si Buah Hati telah dikembangkan secara optimal untuk mendukung aktualisasi dirinya? Aktualisasi diri pada Si Buah Hati penting untuk dikembangkan agar ia dapat menjadi yang terbaik sesuai minat dan bakatnya. Setiap anak berbeda dan memiliki keunikan masing-masing. Apa saja yang Ayah dan Bunda dapat lakukan? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

1. Bantu Anak Mengenali Kelebihannya

Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Umumnya seseorang akan lebih mudah mengenali kekurangannya daripada kelebihannya, termasuk bakat & potensi. Ciptakan kesempatan bagi Si Buah Hati untuk mencoba berbagai hal agar ia dapat mengetahui potensi dirinya.

2. Tidak Selalu Melakukan Hal untuk Si Buah Hati

Tempatkan diri Bunda sebagai fasilitator. Jangan mengambil alih apa yang seharusnya dilakukan anak, karena dari pengalaman-pengalaman tersebut anak dapat menguji kemampuannya dan belajar dari kesalahannya.

3. Beri Pujian di Saat yang Tepat

Si Buah Hati butuh mendengar pujian dari Ayah dan Bunda. Tetapi, berikan pujian di saat yang tepat dengan kalimat yang spesifik agar anak merasa kemampuannya dihargai. Misalnya, “Bunda suka deh melihat binatang-binatang yang kamu gambar. Kamu hebat bisa menggambar semua binatang yang kita lihat di kebun binatang kemarin.”

4. Tidak Membandingkannya dengan Anak lain

Jangan bandingkan Si Buah Hati dengan saudara atau temannya. Tunjukkan padanya bahwa ia memang berbeda dengan anak lain dan ia juga memiliki kelebihannya sendiri.

5. Luangkan Waktu untuk Si Buah Hati

Jika Bunda punya lebih dari satu anak, luangkan waktu berdua dengan masing-masing anak. Dengan cara ini Bunda bisa berdiskusi secara akrab dengan tiap anak, dan mereka pun merasa dihargai karena pendapatnya didengar oleh Bunda.