6 Tips Agar Anak Tak Kecanduan Gadget

6 Tips Agar Anak Tak Kecanduan Gadget

kecanduan gadget

Si Buah Hati dapat dengan mudah menggunakan gadget? Jangan heran, segala sesuatu dapat dipelajari dengan mudah jika dimulai sejak usia dini, termasuk gadget yang sudah ada di keseharian Si Buah Hati sejak ia lahir. Nah, bagaimana agar Si Buah Hati tak sampai kecanduan? Jangan khawatir, ada caranya kok. Mari simak tipsnya berikut ini.  

 

1. Buat jadwal penggunaan gadget

Batasi waktu penggunaan gadget. Jika usianya sudah cukup, ajak ia bediskusi untuk menyepakati waktu menggunakan gadget. Misalnya, hanya di akhir pekan selama maksimal 1 jam.

2. Awasi saat anak menggunakan gadget

Letakkan gadget di ruang keluarga dan bukan di kamar anak dan awasi selama Si Buah Hati menggunakannya ya, Bunda. Sesekali ikut main bersamanya atau tanyakan apa yang membuatnya tertarik menonton atau bermain permainan tersebut.

3. Tetapkan waktu bebas gadget

Yuk, tetapkan waktu bebas gadget. Misalnya saat makan, saat berjalan di tempat umum dan saat sedang bermain dengan teman. Peraturan ini juga berlaku untuk Ayah dan Bunda, lho!

4. Menggunakan aplikasi pada gadget sesuai usia anak

Pastikan Si Buah Hati menggunakan aplikasi atau menonton yang sesuai dengan usianya, ya. Selain itu, jangan beri izin Si Buah Hati untuk memiliki email maupun akun sosial media sebelum usianya cukup.

5. Beri contoh yang baik

Anak melihat, anak meniru. Jika Ayah dan Bunda ingin Si Buah Hati menggunakan gadget untuk hal-hal yang positif dan dengan cara yang tepat, berilah contoh untuk Si Buah Hati. Gunakan gadget dengan cara yang tepat dan dalam porsi yang tepat pula, ya.