6 Kunci Tetap Asyik Belajar di Rumah untuk Si Buah Hati

Dipublish Tanggal 08 July 2020 16:34:51

Bunda, Si Buah Hati mungkin sudah mulai terbiasa belajar di sekolah saat ia mulai belajar di Taman Kanak-Kanak, ya. Di dalam kelas, biasanya ada banyak kegiatan yang akan dilakukan bersama teman-temannya. Lalu, bagaimana jika kegiatan tersebut sekarang diubah menjadi konsep belajar di rumah? Bagaimana supaya ia tidak bosan dan tetap semangat #BelajarDiRumahAja? Bunda perlu perhatikan beberapa hal penting di bawah ini. Yuk, disimak!

1. Sediakan Tempat Belajar yang Nyaman

Sebaiknya hindari belajar di atas tempat tidur. Hal ini untuk menghindari Si Buah Hati dari rasa malas untuk belajar. Bagaimanapun juga, lingkungan turut memengaruhi semangat belajar Si Buah Hati. Jadi, buatlah ruangan belajar sederhana di salah satu sudut rumah, misalnya dengan meja lipat dan karpet yang nyaman. Sediakan juga tempat untuk corat-coret Si Buah Hati, untuk memfasilitasi saat ia akan belajar matematika. Pastikan juga pencahayaan di rumah Bunda cukup, sehingga tidak menimbulkan masalah baru seperti sakit mata pada Si Buah Hati.

2. Sediakan Peralatan Sekolah

Sediakan Peralatan Sekolah

Selain lingkungan, fasilitas untuk belajar juga tak kalah pentingnya. Jadi, sebisa mungkin Bunda juga usahakan untuk mendukung momen #BelajarDiRumahAja Si Buah Hati dengan beragam perlengkapan yang dibutuhkannya selama proses belajar, misalnya tas sekolah, tempat pensil, dan peralatan tulis baru. Dengan cara ini, Si Buah Hati pun akan semakin bersemangat saat waktu belajarnya tiba.

3. Buat Alat Peraga Belajar yang Seru

Jika Si Buah Hati belajar matematika, Bunda bisa membantunya belajar berhitung dengan bantuan lidi, tutup botol, atau mungkin papan tulis kecil untuk mencorat-coret soal matematika.
Bunda juga bisa menyediakan media belajar lain yang dianggap baru oleh Si Buah Hati, yang mungkin belum pernah diperolehnya selama di sekolah. Salah satu media yang bisa dicoba adalah film. Setelah menonton film bersama Si Buah Hati, ajak ia untuk berdiskusi tentang norma yang ada di dalam film tersebut. Pilih film bertema positif dan yang berkaitan dengan keseharian mereka, misalnya tentang kebaikan atau tanggung jawab. Tanyakan kepada Si Buah Hati bagaimana karakter yang terdapat di film seharusnya bersikap. Pancing ia dengan pertanyaan-pertanyaan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikirnya. Selain itu, untuk pelajaran ilmu pengetahuan alam. Bunda juga bisa memutarkan film dokumenter seputar flora dan fauna.

4. Ajak Si Buah Hati Mengobrol dengan Teman Sekelasnya Lewat Video Call

Ajak Si Buah Hati Mengobrol dengan Teman Sekelasnya Lewat Video Call

Bunda bisa minta bantuan guru atau orang tua murid lainnya untuk mengadakan sesi silaturahmi bersama teman-teman sekelas Si Buah Hati. Dengan demikian, ia merasa tidak belajar sendirian. Atau bisa juga, Bunda mengusulkan pada guru sekolahnya untuk diadakan semacam webinar untuk teman-teman sekelas agar Si Buah Hati juga bisa tetap mendapatkan pengalaman belajar bersama teman-temannya, meski tidak bisa bertatap muka secara langsung.

5. Lakukan Aktivitas Edukatif Lain di Luar Jam Belajar

Cara ini melatih Si Buah Hati supaya suka belajar, misalnya melalui aktivitas membantu membuat daftar belanjaan Bunda dengan gambar sesuai dengan jumlah dan ukuran, atau menulis resep makanan favorit keluarga.
Menurut Nicole Roccaro, konsultan pendidikan anak di Amerika Serikat, melibatkan anak untuk menyusun daftar belanjaan, secara tidak langsung dapat membantu mereka belajar matematika. Sebab, di dalamnya terdapat konsep berhitung seperti memperkirakan harga, jumlah dan berat. Selain itu, Si Buah Hati juga bisa belajar menentukan pilihan mana yang lebih baik dari segi nilai uang, seperti antara paket beras kecil dan besar. Terakhir, jangan lupa untuk memberikan pujian dan apresiasi pada setiap kegiatan yang dilakukan Si Buah Hati. Dengan demikian, ia akan tetap merasa bersemangat selama #BelajarDiRumahAja.

6. Siapkan Snack Favorit Si Buah Hati Belajar

Siapkan Snack Favorit Si Buah Hati

Sediakan pilihan camilan sehat, misalnya puding susu atau buah. Bunda juga bisa buatkan camilan lain dengan menggunakan DANCOW FortiGro untuk melengkapi asupan nutrisinya, karena di dalamnya terdapat kandungan protein, kalsium, vitamin D, magnesium, zink; vitamin A, C, dan E; vitamin B1, B2, B3, zat besi; serta omega 6 dan minyak Ikan.

Ayo Bunda, bantu supaya Si Buah Hati terus semangat #BelajarDiRumahAja, dengan memperhatikan enam hal penting di atas.