5 Cara Melatih Si Buah Hati Kuat Puasa Berpuasa di Rumah

Dipublish Tanggal 08 June 2020 13:18:24

Ramadan tahun ini terasa berbeda, ya. Bunda dan Si Buah Hati menghadapi tantangan baru, yakni puasa di rumah selama seharian. Bagi Si Buah Hati, tantangannya bisa jadi beragam, mulai dari rasa bosan di rumah terus karena kurang kegiatan, hingga sulit menahan lapar dan haus karena mencium aroma makanan atau melihat isi kulkas. Tak jarang ia pun jadi rewel bertanya terus kapan buka puasa tiba.

Tapi, Bunda tak perlu cemas. Yuk, ikuti tips berikut ini untuk bantu Si Buah Hati agar tetap kuat puasa di rumah seharian: 

1. Mengajarkan Si Buah Hati Tentang Pentingnya Berpuasa

Lewat berpuasa, Si Buah Hati bisa belajar bersabar dan bersyukur diberi nikmat untuk melahap makanan yang dihidangkan Bunda di rumah. Tak hanya itu, Si Buah Hati juga bisa Bunda beri tahu bahwa puasa memberikan manfaat yang baik baginya, misalnya membantu menanamkan kebiasaan makan sehat, memperlancar pencernaan, mengurangi kerusakan gigi, dan mencegah kegemukan pada Si Buah Hati.

2. Berikan Sisi Positif dari Puasa di Rumah Saja

Jelaskan kenapa saat ini penting bagi Si Buah Hati untuk tinggal di rumah saja selama puasa, misalnya dengan di rumah bisa menjaga tubuh supaya tetap sehat. Selain itu, Bunda juga bisa berikan contoh sisi positif dari berpuasa di rumah, misalnya ia jadi terhindar dari teriknya matahari di siang hari, sehingga tidak mudah haus.

3. Ajak Si Buah Hati Tetap Aktif

Ajak Si Buah Hati Tetap Aktif

Batasi waktu nonton atau main gadget, supaya Si Buah Hati tetap aktif bergerak dan rasa lapar atau hausnya teralihkan. Hal ini juga dapat mengurangi risiko kesehatan mata pada Si Buah Hati. Bila memang ingin main gadget, Bunda bisa mengajak Si Buah Hati untuk berkomunikasi dengan temannya lewat video call. Sehingga, Si Buah Hati tetap semangat puasa dan merasa tetap bisa berinteraksi dengan temannya.

4. Buat Aktivitas Seru di Rumah Selama Puasa

Buat Aktivitas Seru di Rumah Selama Puasa

Lakukan aktivitas seru yang bisa membuat bonding atau ikatan batin dengan keluarga makin akrab. Selain bisa membantu Si Buah Hati untuk mencegah bosan di rumah, Bunda juga bisa mendukung proses belajarnya. Contohnya dengan mengajak Si Buah Hati mendekorasi kamarnya untuk mengasah kreativitasnya, atau mungkin bernyanyi bersama untuk menambah kosakata Si Buah Hati.

5. Cukupi Asupan Nutrisi Si Buah Hati Selama Puasa

Cukup Asupan Nutrisi

Siapkan menu sahur dan berbuka yang mengandung gizi seimbang, serta minum air mineral yang cukup. Selain itu, lengkapi asupan nutrisi Si Buah Hati dengan minum DANCOW FortiGro sebelum tidur dan setelah sahur. DANCOW FortiGro mengandung zink, vitamin A, C, dan E untuk mendukung daya tahan tubuhnya; protein, kalsium, vitamin D, dan magnesium untuk dukung pertumbuhan fisiknya; vitamin B1, B2, B3, dan zat besi untuk mendukungnya fokus saat belajar; serta omega 6 dan minyak Ikan yang dapat membantu optimalkan perkembangan otaknya. Nutrisi yang cukup penting untuk lindungi kesehatan Si Buah Hati selama puasa di rumah. Sehingga, Si Buah Hati tidak mudah lemas atau sakit, dengan begitu ia jadi lebih siap puasa.

Mengajarkan Si Buah Hati berpuasa mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi Bunda. Tapi, beragam cara di atas bisa membantu Bunda untuk mendukungnya berpuasa selama di rumah. Ayo cek tips lainnya supaya #KitaSiapPuasa dan temukan aktivitas seru yang bisa dilakukan selama puasa bersama Si Buah Hati di akun intagram @dancow. Jangan lupa juga untuk ikuti tantangannya dan menangkan hadiahnya, ya!