Ini Dia Kunci Agar Si Buah Hati Semangat Mengerjakan PR

Dipublish Tanggal 16 April 2020 07:48:23

image 0

PR atau pekerjaan rumah sering kali diberikan oleh guru pada Si Buah Hati untuk mengasah keterampilan dan wawasannya. Tak jarang, semangatnya mengendur ketika harus mengulang pelajarannya di rumah. Pernah mengalami hal seperti ini, Bunda? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Tenang, Bunda dapat membantunya tetap semangat belajar dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.


1. Ciptakan Tempat Belajar yang Nyaman

image 2

Pilih tempat di bagian rumah yang tenang, pencahayaan ruangan cukup, dan perlengkapan sekolah yang memadai. Bunda juga bisa mengajak Si Buah Hati untuk mendekorasi ruang belajarnya sesuai kesukaannya. Kemudian, Bunda dapat memantau aktivitas Si Buah Hati selama mengerjakan PR sambil memberikan motivasi agar pekerjaan rumahnya cepat selesai. Cara ini juga cukup efektif untuk membantu Si Buah Hati tetap fokus pada tugasnya.


2. Buat Jadwal Belajar Si Buah Hati

Misalnya, pada sore hari selama satu jam. Tetapkan waktu ini dalam periode tertentu, supaya Si Buah Hati terbiasa memanfaatkan waktu tersebut untuk mengerjakan PR atau belajar apa pun jika sedang tak diberikan PR oleh guru sekolahnya. Tantang Si Buah Hati untuk memperkirakan berapa lama ia dapat menyelesaikan pekerjaan rumahnya, kemudian atur waktu belajar Si Buah Hati sambil memberikan pengertian bahwa Si Buah Hati harus mengikuti aturan durasi waktu tersebut,

 

Misalnya, Bunda dapat mengatur waktu belajar pada pukul lima hingga enam sore. Baik ada PR maupun tidak, pastikan Si Buah Hati tetap menjadikannya sebagai rutinitas belajar. Dengan demikian, Si Buah Hati pun akan terbiasa untuk belajar, mengingat ada PR atau mengerjakan tugas tanpa disuruh. Pembuatan jadwal belajar ini juga sekaligus menguji pemikiran Si Buah Hati, berikut kemampuannya untuk bertahan dari tekanan mengerjakan pekerjaan rumah.

 

Read More ...