5 Hal Ini Bantu Si Buah Hati Siap #BelajarDiRumahAja

Dipublish Tanggal 08 July 2020 16:34:15

Tahun ajaran baru kali ini dengan konsep sekolah di rumah, bisa jadi memberikan pengalaman baru bagi Si Buah Hati. Apalagi, bagi buah hati Bunda yang akan duduk di bangku SD. Selain beradaptasi dengan pelajaran baru, ia juga mesti menghadapi tantangan untuk #BelajarDiRumahAja. Nah, supaya ia siap belajar dari rumah, Bunda perlu menyiapkan beberapa hal berikut ini:

1. Bantu Siapkan Mental untuk Sekolah di Rumah

Perubahan kebiasaan dapat membuat anak merasa kaget karena ia belum siap untuk beradaptasi. Salah satunya ya, seperti perubahan kegiatan belajar di masa sekarang ini, Bunda. Ketika sekolah masih harus ditutup, mungkin Si Buah Hati pernah bertanya "kapan aku bisa ke sekolah lagi?". Nah, untuk membantu mengatasi kegelisahan dan menjawab rasa penasarannya, Bunda sebaiknya jelaskan bahwa Bunda belum punya jawaban pasti. Namun, setelah situasinya aman, Si Buah Hati pasti bisa belajar di sekolah lagi. Selain itu, beri pengertian juga padanya bahwa belajar di rumah ada sisi positifnya, karena ia bisa bertanya atau langsung minta bantuan pada Bunda jika mengalami kesulitan.

2. Buat Aturan Waktu Screen Time (Penggunaan Gadget)

Mungkin di waktu sebelum sekolah di rumah diwajibkan, Si Buah Hati biasanya menggunakan gadget untuk bermain, ya. Namun, saat ini penggunaan gadget akan lebih banyak dimanfaatkan untuk belajar. Nah, supaya Si Buah Hati tidak kaget untuk beradaptasi dengan kegiatan belajar virtual, Bunda perlu membuat aturan kapan gadget dipakai belajar dan kapan gadget dipakai untuk bermain. Dengan cara ini, Si Buah Hati lama-kelamaan jadi punya kebiasaan baru belajar dari gadget.

3. Dukung Si Buah Hati Tetap Bersosialisasi

Bersosialisasi

Di sekolah, tentunya Si Buah Hati akan belajar bergaul dengan teman sekelasnya, berinteraksi dengan guru, kepala sekolah, sampai dengan penjaga kantin atau petugas penjaga sekolah. Untuk mendukung kebutuhan sosialisasinya dari rumah, Bunda dapat mengajaknya menyapa/mengobrol dengan keluarga atau teman-temannya via video call. Kegiatan ini juga dapat melatih Si Buah Hati terbiasa berinteraksi dengan guru saat memulai kegiatan belajar jarak jauh dari rumah. Selain itu, mendukung anak terus bersosialisasi dengan orang lain juga dapat membantu membuat suasana hatinya lebih semangat lho, terutama saat harus belajar di rumah seharian.

4. Biasakan Si Buah Hati Tetap Bangun Pagi

Rutinitas dapat membantu Si Buah Hati untuk terbiasa melakukan hal yang baru, seperti belajar di rumah. Untuk itu, meski sekolah dilakukan dari rumah, Bunda sebaiknya tetap membuat rutinitas seperti saat ia berangkat ke sekolah, misalnya bangun pagi, sarapan dan mandi. Rutinitas pagi seperti ini, membantu mengingatkan dirinya untuk siap-siap mulai kegiatan belajar di rumah.

5. Asah Kemampuan Calistung Si Buah Hati

Asah Kemampuan Calistung Si Buah Hati

Untuk Si Buah Hati yang akan duduk di bangku SD, Bunda bisa membantunya mengasah kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) di rumah. Dengan begitu, Bunda dapat mendukungnya lebih siap menerima pelajaran di tingkat pendidikan SD. Bagi Si Buah Hati yang sudah menginjak awal SD, Bunda dapat membimbingnya mengulang materi pelajaran yang lalu. Jadi, ketika tahun ajaran baru dimulai, Si Buah Hati sudah siap kembali untuk belajar meski di rumah saja.

Selain ikuti berbagai tips di atas, pastikan Bunda juga menyiapkan Si Buah Hati makanan bergizi setiap hari. Kenapa ini penting? Makanan dengan asupan nutrisi yang cukup, dapat mendukung perlindungan kesehatan Si Buah Hati dan juga mendukung proses belajarnya. Lengkapi kebutuhan nutrisi Si Buah Hati dengan memberikan susu DANCOW FortiGro Instant Cokelat yang mengandung protein, kalsium, vitamin D, magnesium, zink; vitamin A, C, dan E; vitamin B1, B2, B3, zat besi; serta omega 6 dan minyak Ikan.

Yuk, dukung Si Buah Hati supaya siap #BelajarDiRumahAja, Bunda!