Bagaimana Cara Agar Si Buah Hati #PintarnyaLebih?

Dipublish Tanggal 06 April 2020 13:08:21

Bagaimana Cara Agar Si Buah Hati #PintarnyaLebih?

Setiap orang tua pastinya ingin mendukung Si Buah Hati tumbuh menjadi anak yang #PintarnyaLebih. Tidak hanya pintar dalam bidang akademik, tapi juga memiliki karakter positif yang dapat membantu mengembangkan potensinya. Untuk mewujudkan hal ini, selain memastikannya mendapatkan nutrisi yang cukup, Bunda juga disarankan untuk memberikannya beragam stimulasi, sambil terus mendampingi proses belajar Si Buah Hati. Mendukung anak mendapatkan stimulasi melalui berbagai aktivitas, merupakan kebutuhan dasar anak yang harus dipenuhi, lho. Sebab, melalui kegiatan ini Bunda dapat melatih kemampuan berpikir, bahasa, daya ingat, sekaligus mengasah kecerdasan emosional Si Buah Hati. Ini juga penting, supaya ia dapat membangun perilaku yang positif, seperti keberanian dan rasa percaya diri untuk hadapi tantangan belajar di sekolah.

Lalu, apa saja ya aktivitas yang dapat membantu anak agar #PintarnyaLebih? Berikut ini adalah beberapa ide aktivitas sederhana dan menyenangkan yang bisa Bunda lakukan bersama Si Buah Hati. Yuk, disimak!

1. Melabeli Benda yang Ada di Dalam Rumah

Melabeli benda di dalam rumah, dapat membantu Si Buah Hati mengenal huruf dan melatih kemampuan membacanya sejak dini. Dengan begitu, ia bisa lebih percaya diri menunjukkan kemampuan bahasanya di depan kelas. Bunda dapat memberikan label pada benda-benda seperti, meja, kotak mainan, kulkas atau peralatan rumah tangga lainnya. Buatlah label dengan mengetik nama benda pada komputer, lalu cetak di kertas agar lebih mudah dibaca oleh Si Buah Hati. Tempelkan label pada benda yang dimaksud, pakai double tip atau selotip. Kemudian, Bunda ucapkan nama benda tersebut dan minta Si Buah Hati menunjukkannya. Untuk memperkaya kosa katanya, Bunda bisa mengganti nama benda dengan suku kata yang lebih panjang setiap minggunya, atau gunakan kata bahasa Inggris untuk melatih kemampuan bahasa asing.

2. Bermain Musik

Hasil studi dari University of Montreal menunjukkan bahwa bermain musik dapat membantu Si Buah Hati meningkatkan daya ingat, melatih kepekaan pancaindra (seperti penglihatan, pendengaran, dan sentuhan), serta menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan agar logika dan emosional anak bekerja secara seimbang. Selain itu, bermain musik juga dapat memengaruhi emosional anak, yang dapat membuatnya merasa bahagia. Suasana hati menyenangkan tentu dapat membantu Si Buah Hati menyukai proses belajar. Untuk mengenalkan musik kepada anak, Bunda bisa menyiapkan peralatan sederhana yang terdapat di dalam rumah, seperti panci, gelas, toples, atau kaleng bekas yang dapat menghasilkan berbagai macam bunyi. Dengan melakukan perkusi sederhana dari benda-benda ini, Bunda bisa kenalkan irama musik kepada Si Buah Hati. Jika ia menunjukkan minat pada musik, mungkin Bunda bisa mempertimbangkan membelikannya alat musik.

 

Read More ...