Ini Pentingnya DHA untuk Dukung Si Buah Hati Lebih Siap Belajar di Rumah

Dipublish Tanggal 03 December 2020 18:18:42

Tahukah, Bunda? Berbagai penelitian telah menemukan pentingnya nutrisi yang tepat untuk mendukung perkembangan otak Si Buah Hati. Salah satu nutrisi yang berperan penting dalam proses ini adalah makanan yang mengandung asam lemak omega-3, terutama DHA (docosahexaenoic acid). Apakah sepenting itu manfaat DHA untuk proses belajar Si Buah Hati? Yuk, simak info selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu DHA?

 

DHA atau docosahexanoic acid adalah asam lemak esensial yang berperan mendukung fungsi tubuh dalam menjalankan metabolisme dan kesehatan tubuh. Disebut sebagai asam lemak esensial karena perannya yang penting, tetapi tidak dapat diproduksi secara alami di dalam tubuh. Sehingga diperlukan asupan sehari-hari dari makanan, minuman atau multivitamin

 

untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Contohnya, seperti ikan tuna, ikan tenggiri, ikan kembung, telur ayam, kedelai, daging ayam, serta minyak ikan. Minyak ikan merupakan salah satu sumber DHA yang baik, karena mengandung asam lemak tak jenuh paling banyak dibandingkan makanan lainnya.

12

 

Welma Stonehouse (2014) menjelaskan bahwa pada anak dengan kemampuan belajar yang kurang, ternyata sedikit mendapatkan makanan yang mengandung cukup DHA and EPA. Oleh sebab itu, jika kebutuhan nutrisi tersebut tidak terpenuhi, Si Buah Hati berisiko mengalami hal- hal berikut ini:

1. Proses Belajar Menurun

Menurut American Academy of Neurologi, kekurangan DHA dapat menurunkan kinerja otak, sehingga membuat Si Buah Hati sulit untuk mengingat. Hal ini diakibatkan karena otak dapat mengalami penuaan lebih cepat jika tidak mendapatkan asupan DHA yang cukup.

 

2. Susah Berkonsentrasi saat Belajar

Karena salah satu manfaat DHA adalah berperan penting dalam pembentukan sel syaraf otak, kekurangan DHA membuat Si Buah Hati menjadi lebih susah berkonsentrasi dan akhirnya membuatnya menjadi kurang fokus saat belajar. Selain itu penelitian dari Inggris juga memperlihatkan bahwa asupan DHA yang rendah dapat memengaruhi kemampuan anak dalam membaca.

 

1

 

3. Menurunkan Kualitas Tidur

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Oxford University, kekurangan asam lemak DHA pada pola makan Si Buah Hati dapat menimbulkan masalah tidur. Misalnya saja, sulit tidur, merasa cemas, hingga sering terbangun di malam hari. Jika terus berlanjut, hal ini dapat membuat anak sulit mengontrol emosinya, sehingga mood-nya mudah turun-naik atau tantrum.

 

1

Supaya masalah tersebut tidak terjadi pada Si Buah Hati, pastikan asupan makanan yang mengandung manfaat DHA dalam menu hariannya sudah tercukupi, ya Bunda. Lengkapi asupan gizi Si Buah Hati dengan memberikan DANCOW FortiGro Instant yang kini mengandung 2X DHA dari formula sebelumnya. Selain itu, DANCOW FortiGro juga merupakan sumber Protein, Kalsium, Zat Besi, Zink, serta Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, E, dan Omega 6 yang dapat membantu memenuhi asupan gizi hariannya. DHA dan Omega 6 terdapat pada DANCOW FortiGro Instant kemasan boks.