Dukung Si Buah Hati Siap Sekolah Melalui Kegiatan Mewarnai

Dipublish Tanggal 23 July 2020 17:31:03

Kegiatan di rumah bersama Si Buah Hati bisa beragam. Salah satu aktivitas seru yang bisa jadi pilihan adalah mengajaknya mewarnai gambar. Menurut para ahli, kegiatan ini dapat membantu anak untuk berkembang secara kognitif, psikologis, dan kreatif, lho Bunda. Apalagi, jika kegiatan ini dilakukan Si Buah Hati yang akan kembali sekolah dari rumah. Penasaran mau simak info selengkapnya? Yuk, cek beberapa manfaat mewarnai untuk dukung kesiapan anak sekolah, di bawah ini.

1. Meningkatkan Kemampuan Menulis Si Buah Hati

Tentu Bunda tahu, bahwa menulis merupakan bagian penting dalam belajar. Nah, untuk membantu mengasah kemampuan menulis Si Buah Hati dari hari ke hari, Bunda dapat mengajaknya mewarnai gambar. Kenapa? Sebab, saat mewarnai, Si Buah Hati dapat melatih perkembangan motorik halus, terutama pada jari tangannya. Jadi, Bunda misalnya dapat mengajak Si Buah Hati mewarnai gambar tokoh kartun kesayangan, karakter hewan favorit, atau pemandangan alam, di sela-sela waktu istirahatnya saat #BelajarDiRumahAja.

2. Melatih Fokus

Dengan mewarnai, Si Buah Hati akan belajar fokus mewarnai bidang tertentu sampai selesai. Hal ini bisa membantu Si Buah Hati untuk fokus ke satu hal, misalnya pelajaran. Jadi, Si Buah Hati tidak mudah pecah konsentrasinya. Ini penting karena selama #BelajarDiRumahAja Si Buah Hati mungkin banyak distraksinya, ya. Supaya Si Buah Hati lebih fokus, Bunda juga bisa menyiapkan sebuah area khusus untuk belajar Si Buah Hati selama di rumah, yang tentu saja bebas dari gangguan televisi atau mainan.

melatih fokus

3. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Aktivitas mewarnai mendorong Si Buah Hati untuk belajar menyelesaikan sesuatu dengan kemampuan diri sendiri. Hal ini dapat mendukung anak untuk melatih rasa percaya dirinya.  Untuk membantu membangun kepercayaan diri Si Buah Hati, ketika selesai mewarnai, berikan juga ia pujian, supaya ia bangga dengan hasil yang dikerjakannya. Cara ini bisa membantu Si Buah Hati jadi lebih percaya diri untuk unjuk kemampuan, terutama saat mengerjakan tugas atau soal dari gurunya.

4. Mengasah Kreativitas

Aktivitas mewarnai dapat mendukung Si Buah Hati berkreasi sesuai imajinasinya. Dengan memberi Si Buah Hati kesempatan untuk mewarnai, Bunda dapat membantu merangsang pusat-pusat kreatif dalam pikiran mereka. Warna, bentuk, interpretasi, dan cerita yang dibayangkan semuanya hadir ketika seorang anak mewarnai. Bahkan jika buah hati Bunda menggambar sebuah bentuk yang sama secara berulang-ulang, mereka secara otomatis akan melibatkan pusat-pusat kreatif di otak yang memproses warna dan bentuk. Proses berpikir kreatif seperti ini, jika makin terasah berperan penting untuk mendukung Si Buah Hati belajar mencari solusi dari masalah atau soal yang ditugaskan selama belajar di rumah.

mengasah kreatifitas

5. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Bunda, setelah mewarnai, tanyakan pada Si Buah Hati tentang apa objek yang diwarnainya, dan kenapa dia pilih itu. Intinya pancing Si Buah Hati bercerita tentang karyanya. Cara ini bisa membantu melatih Si Buah Hati untuk berbicara dan mengemukakan pendapat. Sehingga, ia terbiasa untuk berbicara di depan guru atau teman sekelasnya, meski tanpa tatap muka secara langsung seperti saat ini.

berbahasa

Bagaimana Bunda, mewarnai ternyata jadi aktivitas sederhana, tapi bermanfaat dalam mendukung kesiapan Si Buah Hati untuk #BelajarDiRumahAja, ya. Selain mengajaknya mewarnai, Bunda juga bisa mengoptimalkan proses belajar Si Buah Hati dengan memberikan nutrisi yang lengkap. Cukupi asupan nutrisinya dengan DANCOW FortiGro yang mengandung protein, kalsium, vitamin D, magnesium, zink; vitamin A, C, dan E; vitamin B1, B2, B3, zat besi; serta omega 6 dan minyak Ikan. Asupan nutrisi yang cukup juga penting untuk membantu melindungi kesehatan Si Buah Hati. Sehingga, ia bisa lebih siap #BelajarDiRumahAja.