5 Ide Seru Belajar sambil Bermain di Rumah bersama Si Buah Hati

Dipublish Tanggal 08 June 2020 12:43:14

Bunda, pastinya ingin berikan yang terbaik untuk mendukung perlindungan kesehatan Si Buah Hati. Di situasi seperti saat ini, tinggal di rumah jadi salah satu upaya perlindungan yang dapat dilakukan. Jangan khawatir Si Buah Hati bosan di rumah, Bunda. Lakukan beberapa aktivitas menyenangkan ini untuk mengajaknya tetap aktif main dan belajar di rumah.

1. Membuat Kerajinan Tangan

Aktivitas ini dapat menjadi cara yang bagus untuk menghindari Si Buah Hati dari kebosanan di rumah. Menariknya lagi, kegiatan ini juga dapat mengasah keterampilan motorik dan kreativitas Si Buah Hati. Tak perlu repot, Bunda dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah, misalnya membuat mahkota dari kertas, atau kerajinan lainnya. Beberapa ide lainnya, Bunda juga dapat mengajak Si Buah Hati membuat kartu ucapan untuk anggota keluarga yang dilukis atau diberi hiasan sticker dan manik-manik.

2. Bermain Bowling

Kalau tidak memiliki alat permainan ini, Bunda dapat menggunakan botol bekas berbahan plastik atau kaleng bekas di rumah. Sejajarkan wadah tersebut di lorong dan buatlah arena bowling untuk Si Buah Hati. Pastikan Bunda juga memilih bola yang lebih ringan.

Lebih seru lagi, sebelum bermain, Bunda bisa mengajak Si Buah Hati untuk mewarnai atau menghias botol-botol tersebut agar permainan menjadi semakin menyenangkan. Jenis permainan ini sangat bagus untuk melatih koordinasi motorik, sekaligus mengajak Si Buah Hati belajar sambil bermain tentang pengurangan setiap ada botol yang jatuh terkena bola.

3. Berhitung dengan Balok Mainan

Balok mainan atau yang juga sering disebut lego dapat digunakan untuk menggambarkan berbagai konsep matematika. Dengan mengajak Si Buah Hati bermain balok mainan, Bunda bisa sekaligus mengajarkan penambahan, pengurangan, dan berbagai konsep perhitungan sederhana kepada Si Buah Hati, lho.

Berhitung dengan balok mainan

4. Balon Eksperimen

Permainan sains ini sekaligus mengajak Si Buah Hati belajar tentang reaksi yang terjadi ketika balon mengembang akibat pencampuran baking soda dan cuka. Soda kue atau baking soda dan cuka akan membuat reaksi yang pasti disuka Si Buah Hati, layaknya sulap. Semakin banyak gas, maka balon akan mengembang semakin besar!

Balon Eksperimen

5. Mencari Harta Karun

Bunda, ayo ajak Si Buah Hati berburu harta karun di rumah. Caranya, Bunda pilih benda favorit Si Buah Hati yang akan dimasukkan ke dalam kotak bekas sepatu seperti, mainan atau snack favoritnya. Hias kotak tersebut dengan stiker, kertas berwarna, dan beri tulisan "harta karun". Lalu, sembunyikan harta karun di dalam rumah. Supaya lebih seru, Bunda bisa memberikan beberapa petunjuk tempat harta karun dalam bentuk teka-teki, di beberapa ruangan rumah. Si Buah Hati perlu memecahkan semua petunjuk untuk dapatkan harta karunnya. Tidak hanya menyenangkan, permainan ini dapat membantu mengasah kemampuan berpikir Si Buah Hati, seperti melatihnya untuk memecahkan masalah (problem solving), dan juga belajar mandiri.

Itulah  beberapa ide seru permainan yang dapat menarik dan disukai oleh anak-anak. Jadi, tunggu apalagi, manfaatkan benda-benda di sekitar rumah untuk bermain dan belajar bersama Si Buah Hati, yuk. Agar Si Buah Hati tetap aktif bermain dan belajar di rumah saja, bantu lindungi kesehatannya dengan menyediakan makanan yang mengandung nutrisi penting untuk bantu tingkatkan sistem daya tahan tubuhnya. Beberapa kandungan tersebut adalah Zink; Vitamin A, C, & E. Kandungan nutrisi tersebut dapat didapatkan dari segelas susu DANCOW FortiGro lho Bunda. Selain itu, DANCOW FortiGro juga mengandung Protein, Kalsium, Zat Besi yang dapat membantu melengkapi asupan nutrisi Si Buah Hati. DANCOW FortiGro juga memiliki 3 varian rasa berbeda yaitu DANCOW FortiGro Instant, DANCOW FortiGro Instant Cokelat, dan DANCOW FortiGro Full Cream.

Nah, semoga tips di atas dapat membuat momen belajar dan bermain dengan Si Buah Hati di rumah jadi makin seru, ya. Selamat mencoba!