Ini Dia 4 Nutrisi Penting untuk Bantu Optimalkan Proses Belajar Si Buah Hati!

Dipublish Tanggal 16 October 2020 20:51:44

Selama Si Buah Hati belajar di rumah, pastinya Bunda terus berusaha untuk mendampingi proses belajarnya. Meskipun tidak mudah, namun rasanya Bunda ingin selalu berikan yang terbaik bagi Si Buah Hati. Selain senantiasa memberikan pendampingan, Bunda juga perlu memberikan makanan bergizi seimbang supaya dapat mendukung proses belajar Si Buah Hati. Salah satu sumber nutrisi yang sering mungkin Bunda sering dengar adalah minyak ikan, ya. Tapi selain itu, pastikan juga ia mengonsumsi makanan lain yang memiliki nutrisi penting untuk dukung kemampuan belajarnya.

Berbagai penelitian menyatakan bahwa nutrisi yang tepat sangat dibutuhkan Si Buah Hati dalam masa pertumbuhannya. Kecukupan makronutrien seperti konsumsi karbohidrat, lemak dan protein, merupakan hal yang wajib Bunda berikan pada Si Buah Hati. Selain itu, beberapa nutrisi juga diperlukan untuk perkembangan otak dan tumbuh kembang optimal Si Buah Hati, seperti beberapa nutrisi berikut ini:

 

1. DHA

 

DHA dan EPA merupakan asam lemak esensial yang berperan mendukung fungsi tubuh dalam menjalankan metabolisme dan kesehatan tubuh. Disebut sebagai asam lemak esensial karena perannya yang penting, tetapi tidak dapat diproduksi secara alami di dalam tubuh. Welma Stonehouse (2014) menjelaskan bahwa anak yang kemampuan belajarnya kurang ternyata hanya mendapatkan sedikit asupan makanan yang mengandung DHA. Kadar DHA yang tinggi dapat mendukung kemampuan memori dan kontrol emosi yang lebih baik. Si Buah Hati dapat memperoleh asupan DHA ini dengan mengonsumsi daging ikan seperti ikan salmon, tenggiri dan ikan kembung, serta minyak ikan. Tahukah Bunda? Minyak ikan itu sumber DHA yang baik karena mengandung asam lemak tak jenuh paling banyak dibandingkan makanan lainnya.

 

2. Omega 6

Omega 6 sendiri merupakan asam lemak tak jenuh ganda yang tergolong esensial dan hanya bisa diperoleh dari makanan serta minuman. Sebagai asam lemak esensial, omega 6 berperan dalam beragam fungsi dan kerja tubuh. Selain itu, nutrisi ini juga dapat membantu meningkatkan kemampuan baca Si Buah Hati. Bunda dapat memberikan makanan seperti jagung, kacang-kacangan, ikan tuna dan telur, kepada Si Buah Hati untuk memenuhi kebutuhan asupan omega 6 hariannya.

 

1

 

3. Kolin

Merupakan zat yang berfungsi untuk mendukung kemampuan daya ingat dan mengatur mood Si buah Hati. Asupan makanan tinggi kolin dapat membantu meningkatkan fungsi berpikir Si Buah Hati. Kolin banyak ditemukan pada daging sapi, hati sapi, hati ayam, telur, kacang kedelai, minyak ikan, kentang, dan bayam.

1

 

4. Zink

Ini dia zat mineral penting bagi daya tahan tubuh Si Buah Hati. Di masa sekarang ini, Si Buah Hati membutuhkan asupan beberapa makanan yang mengandung zink seperti, daging unggas (contohnya ayam), daging sapi, kerang tiram, biji-bijian (contohnya gandum), buncis, dan yoghurt. Asupan tersebut berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menjaga tubuh senantiasa sehat. Dengan begitu, Si Buah Hati bisa lebih siap untuk belajar.

 

1

 

Selain memberikan Si Buah Hati minyak ikan, bantu penuhi asupan nutrisi untuk dukung kemampuan belajarnya dengan memberikan DANCOW FortiGro Instant, yang kini mengandung 2X DHA dari formula sebelumnya. Selain itu, DANCOW FortiGro juga merupakan sumber Protein, Kalsium, Zat Besi, Zink, serta Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, E, dan Omega 6 yang dapat membantu memenuhi asupan gizi hariannya. DHA dan Omega 6 terdapat pada DANCOW FortiGro Instant kemasan boks.