Inspirasi Ngabuburit Seru di Rumah Bersama Si Buah Hati

Dipublish Tanggal 12 May 2020 11:39:06

Si Buah Hati sudah mulai belajar puasa? Nah, supaya Si Buah Hati tidak bosan di rumah seharian selama puasa, Bunda perlu mengajaknya melakukan berbagai aktivitas seru hingga menjelang berbuka. Bunda bisa mencari ide kegiatan yang juga bermanfaat untuk mempererat ikatan batin dengan Si Buah Hati. Berikut ini adalah beberapa inspirasinya. Yuk, coba mengajarkan Si Buah Hati berpuasa di rumah!

1. Membuat Kerajinan Tangan Sesuai dengan Minat Si Buah Hati

Membuat kerajinan tangan

Bunda bisa memilih jenis kerajinan tangan yang disukai Si Buah Hati. Misalnya bila Si Buah Hati menyukai dongeng tentang putri kerajaan, Bunda bisa mengajaknya membuat mahkota dari kertas. Bentuk kegiatan lainnya adalah menggambar kartu ucapan puasa atau lebaran untuk difoto lalu dikirim ke teman-temannya. Sehingga, silaturahmi Si Buah Hati dengan teman-temannya tetap terjaga meski di rumah saja.

2. Bermain di Rumah atau via Online

Bunda bisa mulai dari permainan tebak-tebakan nama benda atau hewan via video call dengan keluarga atau teman Si Buah Hati. Selain itu, Bunda juga bisa ajak Si Buah Hati membuat vlog atau video Tik-Tok sederhana bersama Si Buah Hati. Bentuk permainan lainnya yang bisa Bunda lakukan bersama Si Buah hati adalah board game seperti ular tangga, ludo, atau monopoli. Permainan ini bisa sekaligus mengajaknya belajar berhitung.

3. Beres-Beres Lemari

Selain untuk membuat lingkungan tempat tinggal Si Buah Hati lebih nyaman, aktivitas ini bisa sekaligus melatih Si Buah Hati untuk mandiri dalam menjaga kebersihan dan kerapian. Tak hanya itu, bila ada baju yang sudah tidak pernah dikenakan namun masih layak pakai, Bunda bisa membantu Si Buah Hati untuk memilih baju untuk disumbangkan. Jadi, sambil beres-beres lemari Bunda juga dapat mengasah kepekaan Si Buah Hati untuk berbagi.

Beres beres lemari

4. Baca Cerita Sambil Camping

baca cerita

Sebisa mungkin, ajak Si Buah Hati melakukan kegiatan yang sekaligus dapat meningkatkan kemampuan kognitif atau berpikir, terutama bila kondisi saat ini mengharuskan ia belajar dari rumah. Bunda bisa ajak Si Buah Hati baca buku cerita favoritnya. Agar lebih seru, Bunda bisa mengatur lokasi membaca di kamar atau halaman rumah seperti sedang camping atau piknik. Dengan demikian, Si Buah Hati pun akan melupakan rasa laparnya hingga waktu buka puasa tiba.

5. Menyiapkan Takjil di Rumah

Ayo, ajak Si Buah Hati menyiapkan menu berbuka puasa, Bunda. Kesibukan menjelang buka puasa atau ngabuburit bisa mengalihkan perhatian Si Buah Hati yang tidak sabar menanti bedug Magrib tiba. Pilih menu berbuka puasa kesukaan Si Buah Hati agar ia bersemangat untuk mempersiapkannya. Misalnya kreasi milk shake DANCOW FortiGro Instant Cokelat menggunakan beberapa toping buah yang disukai oleh anak anak.

DANCOW FortiGro mengandung protein, kalsium, vitamin D, magnesium, zink; vitamin A, C, dan E; vitamin B1, B2, B3, zat besi; serta omega 6 dan minyak Ikan, yang mengandung gizi seimbang sehingga dapat mendukung pertumbuhan dan proses belajar Si Buah Hati. Untuk bantu penuhi asupan nutrisi Si Buah Hati selama berpuasa, Bunda dapat menyiapkan satu gelas DANCOW FortiGro sebelum tidur dan setelah sahur.

Nah, kira-kira Bunda mau ajak Si Buah Hati lakukan apa hari ini, supaya ia tetap semangat berpuasa di rumah? Untuk cari tahu tips lainnya supaya #KitaSiapPuasa Bunda bisa cek infonya di sini. Selain itu, temukan juga aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama Si Buah Hati selama puasa di akun instagram @dancow dan ikuti tantangannya untuk menangkan hadiahnya!