Lakukan ini jika buah hati punya minat berbeda, Bun

Dipublish Tanggal 08 April 2020 09:14:09

minat-anak

Bunda pastinya ingin mempersiapkan rencana terbaik untuk masa depan Si Buah Hati. Misalnya, dengan mendaftarkan Si Buah Hati ke tempat les atau sanggar seni untuk mengasah potensinya. Namun, bagaimana jika di awal rencana ini, ternyata Si Buah Hati memilih untuk menekuni minat yang berbeda dengan keinginan Bunda? Padahal, mungkin Bunda merasa potensi terbaiknya itu ada di bidang yang lain. Jadi, harus bagaimana?

 

Minat Anak Belum Tentu Jadi Potensinya

Sebelum memutuskan apakah Bunda akan mendukung minat Si Buah Hati, ada baiknya ketahui lebih dulu bedanya antara minat dan potensi. Minat biasanya muncul atas keinginan anak sendiri dalam mencoba suatu hal, misalnya saat ia ikut latihan pencak silat atau mengikuti kelas seni tari di ekstrakurikuler sekolah. Sewaktu-waktu, minat ini bisa saja berubah-ubah sesuai suasana hatinya. Dari berbagai minat yang ia coba jalani itu, mungkin ada satu atau beberapa minat yang paling ia senangi. Nah, minat inilah yang bisa ia kembangkan untuk menjadi potensi terbaiknya. Sampai di sini, Bunda mungkin menyadari bahwa minatnya berbeda dengan keinginan Bunda. Bisa jadi, Bunda merasa kecewa setelahnya, dan merasa bimbang untuk mengambil langkah yang dilakukan.

 

Tips Hadapi Minat Si Buah Hati yang Berbeda dengan Keinginan Bunda

Tenang Bunda, meski berbeda keinginan dengan Si Buah Hati, Bunda bisa menghadapinya dengan kepala dingin melalui tips di bawah ini.

 

  • Hindari Perilaku Menghakimi

5 Cara Hadapi Minat Anak yang Berbeda dengan Keinginan Orang Tua

Keinginan Bunda dan minat Si Buah Hati yang berbeda, mungkin dapat membuat Bunda ragu akan masa depannya. Namun, alangkah baiknya, Bunda tidak menghakiminya. Sebab, hal ini dapat membuat Si Buah Hati merasa tidak dihargai. Di masa eksplorasi minatnya ini, ia membutuhkan perhatian dari Bunda.

 

  • Hindari Perilaku Membanding-bandingkan

5 Cara Hadapi Minat Anak yang Berbeda dengan Keinginan Orang Tua

Minat setiap anak berbeda-beda, termasuk minat Si Buah Hati. Bunda tidak perlu membandingkan minatnya dengan anak lain, hanya karena tidak sejalan dengan keinginan Bunda. Justru, Bunda perlu terus mendukungnya dengan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi Si Buah Hati untuk menekuni minat yang ia senangi.

 

  • Tidak Perlu Tergesa-gesa Mengarahkan Minat Anak

5 Cara Hadapi Minat Anak yang Berbeda dengan Keinginan Orang Tua

Pada masa pencarian minatnya, Si Buah Hati mungkin akan mencoba berbagai hal yang ia anggap menarik. Sering kali, ia hanya mencoba untuk memenuhi rasa penasarannya. Untuk mendukung proses pencarian minatnya, Bunda tidak perlu tergesa-gesa menentukan dan mengarahkan salah satu minat Si Buah Hati yang Bunda anggap cocok. Ini karena minat yang anak pilih, belum tentu menjadi potensi terbaiknya. Untuk itu, Bunda sebaiknya terus mendampingi Si Buah Hati hingga ia menemukan minat yang benar-benar ingin ditekuninya. Proses ini mungkin membutuhkan waktu yang panjang, jadi Bunda perlu bersabar. Jika perlu bantuan, Bunda dapat berkonsultasi langsung dengan pakar psikolog anak.

 

Read More ...