3 Tips Menjaga Kesehatan Anak Saat Berpuasa

Dipublish Tanggal 30 July 2020 01:13:51

Walau ibadah puasa bukan sesuatu yang wajib bagi anak-anak yang belum akil balig namun manfaatnya sangat banyak. Karena itu bagi anak-anak yang menjalankan ibadah puasa perlu dijaga kesehatannya agar dapat menjalani puasa dengan baik. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Bunda ikuti Buah Hati tetap sehat saat berpuasa:

Memberikan Asupan Gizinya Seimbang
Saat bulan puasa kita biasanya terpapar dengan aneka jenis hidangan enak dan lezat yang belum tentu semuanya sehat bagi Si Buah Hati. Pastikan menu makanannya tetap mengandung komposisi gizi dan nutrisi yang seimbang antara karbohidrat, protein, dan vitamin. Perbanyak buah dan sayur akan meningkatkan imunitas tubuh Si Buah Hati agar lebih kuat menjalani puasa setiap hari.

Perbanyak Cairan
Saat berpuasa kita mudah sekali terkena dehidrasi. Karena itu jaga tubuh Si Buah Hati agar tetap cukup cairan dengan memintanya minum minimal 2 gelas air putih setelah berbuka dan sebelum tidur, serta 2 gelas saat sahur. Jangan lupa juga untuk memberikan segelas susu DANCOW FortiGro saat sahur dan sebelum tidur untuk memastikan asupan nutrisi Si Buah Hati terpenuhi ketika menjalani ibadah puasa.

Istirahat yang Cukup
Dengan berubahnya waktu bangun tidur yang biasanya sekitar jam 5 atau 6 pagi menjadi waktu sahur, otomatis waktu tidur anak juga berubah. Pastikan ia tidur lebih awal agar tidak terlalu mengantuk saat bangun sahur dan di sekolah nantinya. Walau berpuasa, sebaiknya jumlah jam tidurnya tetap mencapai minimal 8 jam sehari. Jika perlu, minta dia tidur siang sepulang sekolah untuk menjaga staminanya dan memberi dia kekuatan lebih untuk meneruskan puasanya hingga Magrib.