Si Buah Hati Bosan #BelajardiRumahAja? Ajak Ia Membuat Kreasi Ini!

Dipublish Tanggal 20 October 2020 10:33:14

Selama masa #BelajardiRumahAja, tentunya Si Buah Hati menghadapi banyak tantangan. Yang awalnya Si Buah Hati bisa belajar dan beraktivitas bersama teman-temannya di kelas, sekarang ia hanya dapat belajar secara virtual. Belum lagi, Si Buah Hati juga biasanya mudah merasa bosan mengikuti kelas online, karena menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyimak pelajaran lewat layar gadget. Nah, supaya ia tidak bosan, Bunda bisa melakukan beberapa cara mengajar anak SD di rumah dengan membuat kreasi berikut ini. Selain menyenangkan, aktivitas satu ini juga dapat melatih kemampuan problem solving Si Buah Hati, lho. Yuk, simak inspirasinya di bawah ini!

1. Ajak Si Buah Hati Membuat Alat Penampung Air Hujan

Saat hujan tiba, coba ajak Si Buah Hati ke teras rumah lalu pancing dengan pertanyaan seperti, "Sayang ya kalau air hujan ini mengalir begitu aja. Padahal bisa dipakai buat menyiram tanaman nih. Gimana ya caranya?" Lalu ajak Si Buah Hati membuat alat penampung air hujan sederhana. Caranya, ambil ember ukuran besar. Lalu ambil payung yang sudah lama tidak dipakai, lubangi bagian atasnya, dan tempatkan di atas ember dalam keadaan terbalik. Alat sederhana ini pun siap digunakan untuk menampung air hujan di halaman rumah. Dari kreasi ini Bunda dapat melatih Si Buah Hati bagaimana berpikir kreatif untuk memanfaatkan air hujan.

2. Belajar Mewarnai dengan Bahan Alami

belajar mewarnai

Aktivitas ini adalah salah satu contoh problem solving sederhana di rumah. Masalahnya bermula ketika Bunda mau mengajak Si Buah Hati mewarnai, ada saja warna krayon atau pensil warna yang hilang. Solusinya, ayo ajak Si Buah Hati membuat pewarna sendiri dari bahan alami. Caranya mudah, cukup pilih beberapa bahan pewarna alami seperti daun suji, buah bit, buah naga, atau kunyit. Hancurkan masing-masing bahan hingga lembut, lalu saring menggunakan air. Jika ingin lebih awet, bahan-bahan bisa direbus terlebih dahulu.

3. Buat Kreasi Minuman Sehat untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Di situasi saat ini, menjaga daya tahan tubuh tetap kuat menjadi penting. Untuk itu, Bunda bisa mengajak Si Buah Hati berkreasi membuat jus sehat dari kombinasi jeruk, apel, dan wortel. Menurut penelitian dari fakultas farmasi, University of Southhampton, Inggris, Kandungan vitamin C pada apel dan jeruk, serta vitamin A dan B6 pada wortel, dapat membantu menjaga daya tahan tubuh sekeluarga. Cara membuatnya, campur semua bahan menggunakan blender hingga halus. Sajikan dingin atau juga bisa dibuat cetakan es loli untuk menarik Si Buah Hati. Lewat kegiatan ini, Si Buah Hati bukan hanya diajarkan untuk berkreasi membuat minuman, tapi juga peduli terhadap masalah yang dihadapi saat ini.

Kreasi

4. Membuat Alat Pengangkat Galon

Bunda biasanya kesulitan untuk mengangkat galon air minum. Untuk mencari solusinya, ajak Si Buah Hati membuat alat pengangkat galon dari tali. Caranya dengan membuat simpul tali yang diikat di bagian leher atau di bagian badan galon. Untuk membuat simpul talinya, misalnya Bunda bisa gunakan teknik simpul tiang (bowline) seperti gambar di bawah ini:

taliDengan bantuan simpul tali ini, mengangkat galon jadi lebih mudah, karena galon dalam keadaan seimbang saat diangkat. Dari kegiatan ini Si Buah Hati belajar berkreasi menyelesaikan masalah yang Bunda hadapi, dengan menerapkan ilmu sains sederhana.

Bunda, beberapa cara mengajar anak SD di rumah yang telah disebutkan di atas dapat membantu mengasah kreativitas Si Buah Hati sejak dini. Dengan cara ini, Bunda dapat terus memperkuat rasa keingintahuan dan mendukung daya imajinasi Si Buah Hati. Keduanya adalah hal yang penting untuk membantu Si Buah Hati belajar menyelesaikan masalah yang ada di sekitarnya atau biasa disebut juga problem solving. Problem solving ini jadi salah satu karakter penting yang butuh dikembangkan Si Buah Hati, untuk mendukungnya menjadi calon inovator Indonesia di masa depan.

Jangan lupa Bunda, dukung kemampuan belajar dan kreativitas Si Buah Hati dengan memberikan nutrisi yang lengkap. Salah satunya dengan menyiapkan segelas DANCOW FortiGro yang mengandung protein, kalsium, vitamin D, magnesium, zink, vitamin A, C, dan E; vitamin B1, B2, B3, zat besi, serta omega 6 dan minyak Ikan. Selain itu, asupan nutrisi yang lengkap juga dapat membantu melindungi kesehatan Si Buah Hati, sehingga ia bisa lebih siap #BelajarDiRumahAja.

Nah Bunda, mau tahu hal seru apalagi yang dapat Bunda lakukan sebagai cara mengajar anak SD di rumah dalam mengasah kreativitasnya dalam berkreasi? Yuk, ajak Si Buah Hati ikut kompetisi DANCOW Kreasi Anak Indonesia 2020, supaya Bunda dapat mendukungnya menjadi calon inovator masa depan! Klik di sini untuk cari tahu cara lengkapnya.