Mau Latih Fokus & Konsentrasi Belajar Si Buah Hati? Lakukan 4 Aktivitas Ini!

Dipublish Tanggal 16 October 2020 20:58:37

Berdasarkan riset Ada Apa Dengan COVID-19 yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), sebanyak 58% anak tidak senang dalam menjalani sistem Pembelajaran Jarak Jauh. Sistem PJJ secara daring yang telah berlangsung cukup lama pun menimbulkan rasa bosan dan jenuh akibat keterbatasan komunikasi, sosialisasi dan interaksi dengan teman. Hal tersebut dapat menyebabkan Si Buah Hati kesulitan fokus untuk belajar. Untuk itu, Bunda perlu membantu mengasah kemampuan konsentrasi belajar Si Buah Hati. Misalnya, dengan melakukan aktivitas seru berikut ini, yang sekaligus dapat membantunya dengan cara belajar efektif di rumah. Yuk, disimak!

 

1. Melukis

 

Mewarnai atau menggambar dapat membantu untuk meningkatkan keterampilan motorik Si Buah Hati. Gerakan dan cengkeraman yang tepat dalam proses melukis, menggambar, atau mewarnai juga turut membantu perkembangan otot-otot jari, tangan, dan pergelangan tangan. Perkembangan motorik halus tersebut juga mendukung Si Buah Hati menulis dengan lebih terampil. Segala tindakan dalam aktivitas ini membantu menumbuhkan koordinasi antara tangan dan mata yang kuat, sehingga Si Buah Hati pun bisa lebih berkonsentrasi saat belajar #DiRumahAja.

 

 

1

 

2. Senam Otak

Memang ada senam seperti ini? Ya Bunda, ini merupakan aktivitas yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mental dan fungsi kognitif, misalnya senam cross crawl (menggerakkan anggota tubuh yang berlawanan dalam posisi merangkak). Menurut Baldwin (2017), senam otak dirancang untuk merangsang fungsi otak. Aktivitas ini telah dibuktikan oleh Dr. Carla Hannaford, seorang ahli saraf dan tenaga pendidik di Amerika

 

Serikat. Menurutnya, pembelajaran terjadi di setiap bagian tubuh. Sehingga, gerakan tubuh juga berkontribusi untuk meningkatkan konsentrasi otak. Oleh sebab itu, banyak guru yang telah merasakan manfaat dari senam otak ini. Memulai hari dengan gerakan senam otak membantu anak untuk tenang, fokus, dan menyerap informasi lebih baik. Jadi, kegiatan senam otak juga dapat membantu dalam cara belajar efektif di rumah. Caranya, ajak Si Buah Hati bersiap dalam posisi merangkak. Lalu, angkat tangan kanan hingga lurus ke depan dan angkat kaki kiri hingga lurus ke belakang secara bersamaan. Setelah itu, lakukan gerakan sebaliknya, hingga berkali-kali.

 

3. Membuat Kerajinan dari Stik Es Krim

Apa pun bentuknya, aktivitas konstruksi atau membuat sesuatu bentuk dapat berfungsi sebagai alat melatih konsentrasi dan fokus. Penelitian menunjukkan bahwa baik balok mainan maupun stik es krim, dapat membantu perkembangan keterampilan motorik dan koordinasi antara tangan dan mata Si Buah Hati. Selain itu, membuat kerajinan dari stik es krim juga dapat mengembangkan kemampuan bahasa, penalaran spasial, hingga keterampilan teknik. Ada juga yang menyebutkan bahwa aktivitas ini juga dapat mendukung kemampuan dalam berhitung.

 

1

 

4. Bermain Kartu Memori

Berdasarkan penelitian Wiguna, dkk. (2012) pada 423 anak sekolah dasar di Jakarta, didapatkan 24,6% anak mengalami kesulitan belajar dan 8,04% di antaranya mengalami kesulitan belajar yang disertai dengan masalah memori kerja yang merupakan salah satu komponen fungsi eksekutif. Memori kerja ini dikaitkan dengan kemampuan Si Buah Hati untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru, sehingga dapat menunjang kemampuan kognitifnya. Nah, permainan seperti kartu memori dapat membantu Si Buah Hati meningkatkan daya ingatnya. Bunda mungkin sudah tahu bahwa permainan seperti teka-teki silang dapat membantu meningkatkan fokus, rentang perhatian dan

 

kesehatan otak. Permainan kartu memori ini juga memiliki manfaat serupa. Yuk, ajak Si Buah Hati bermain kartu memori!

1

 

Selain mengetahui cara belajar efektif di rumah agar konsentrasi belajar Si Buah Hati terjaga, Bunda juga perlu memastikan asupan gizinya tercukupi. Salah satunya, asupan DHA. Lengkapi asupan DHA Si Buah Hati dengan memberikannya DANCOW FortiGro Instant yang kini mengandung 2X DHA dari formula sebelumnya. Selain itu, DANCOW FortiGro juga merupakan sumber Protein, Kalsium, Zat Besi, Zink, serta Vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, E, dan Omega 6 yang dapat membantu memenuhi asupan gizi hariannya. DHA dan Omega 6 terdapat pada DANCOW FortiGro Instant kemasan boks.