Wajib Coba, 5 Permainan Edukatif Seru untuk Si Buah Hati di Rumah!

Dipublish Tanggal 23 July 2020 17:32:02

Tahukah, Bunda? Bermain juga merupakan proses belajar Si Buah Hati, terutama permainan yang edukatif. Menurut para ahli, permainan seperti ini memungkinkan Si Buah Hati untuk mendukung kecerdasannya secara optimal. Nah, selama masa #BelajarDiRumahAja, ada banyak permainan edukatif seru yang bisa Bunda lakukan bersama Si Buah Hati untuk mengusir rasa bosan, sekaligus mendukung kemampuan belajarnya. Dengan begitu, ia bisa lebih siap mengikuti pelajaran sekolah dari rumah. Yuk, cek inspirasi permainannya di bawah ini:

Carilah Aku!

carilah aku

Siapkan kertas seukuran kartu, lalu tulis angka secara acak di tiap kertas, misalnya 5, 10, 25, dan seterusnya. Lalu, Bunda bisa berkata, "Carilah aku. Aku adalah angka hasil dari penjumlahan 3+2". Kemudian, minta Si Buah Hati untuk mencari angka dari hasil 3+2 pada kertas yang tersedia. Konsepnya bisa perkalian, pembagian dan pengurangan juga, tergantung tingkatan usianya, Bunda. Penelitian menunjukkan bahwa bermain dengan cara seperti ini dapat melatih otak Si Buah Hati dan membantunya belajar dengan lebih baik. Sebab. Dengan objek yang mereka lihat tersebut, Si Buah Hati akan merasa tertantang untuk melatih kemampuan berhitungnya.

Tunjukkan Jarum Jam

Konsep permainan ini adalah belajar membaca jam. Caranya, siapkan sebuah jam, bisa berupa jam mainan, jam dinding bekas, atau jam buatan sendiri dengan menggunakan pensil warna/krayon sebagai jarum pendek dan jarum panjangnya. Selanjutnya, Bunda menulis di atas kertas, misalnya pukul 7:10, lalu minta Si Buah Hati untuk memutar kedua jarum jam dan menunjukkan jam yang dimaksud. Untuk anak SD kelas 1-2, tulislah jam yang sederhana agar Si Buah Hati tak merasa kesulitan dan mudah bosan. Dengan cara ini, Bunda juga secara langsung membantu mengasah kemampuan berhitung Si Buah Hati. 

Tebak, Mana yang Lebih Kuat?

tebak mana

Permainan edukatif ini mengajarkan Si Buah Hati mana bidang yang paling kuat menahan beban. Caranya, Bunda ambil kertas dan bentuk menjadi 3 bidang: silinder (seperti tabung), segi tiga, dan kotak (segi empat). Di masing-masing bidang tumpuk buku-buku di atasnya. Hitung berapa buku yang bisa ditopang masing-masing bidang, yang paling banyak berarti itu yang paling kuat. Manfaat permainan ini adalah untuk belajar konsep fisika dasar. Tertarik buat mencobanya, Bunda?

Acak Kata

acak kata

Ini juga merupakan permainan edukatif lainnya, yang dapat Bunda lakukan di rumah dengan mudah bersama Si Buah Hati. Aturan permainannya adalah acak urutan huruf dari sebuah kata, dan minta SI Buah Hati untuk menyusunnya menjadi kata lain. Misalnya, huruf dalam kata kasur urutannya bisa diacak dan disusun menjadi rusak, rakus, sukar, dan lain sebagainya. Untuk mulai bermain, Bunda perlu menyiapkan kertas dan memotongnya menjadi beberapa bagian, lalu tulis huruf di masing-masing kertas. Sekarang, urutkan huruf menjadi satu kata, lalu minta Si Buah Hati untuk mengacak huruf dan menyusunnya menjadi kata lain.  Permainan edukatif ini bermanfaat untuk menambah kosa kata, dan mengasah kemampuan bahasa Si Buah Hati.

Selain memberikan stimulasi melalui permainan edukatif, Bunda juga dapat mendukung kemampuan belajar Si Buah Hati dengan memberikan nutrisi yang lengkap. Salah satunya dengan menyiapkan segelas DANCOW FortiGro yang mengandung protein, kalsium, vitamin D, magnesium, zink; vitamin A, C, dan E; vitamin B1, B2, B3, zat besi; serta omega 6 dan minyak Ikan. Asupan nutrisi yang cukup juga dapat membantu melindungi kesehatan Si Buah Hati, sehingga ia bisa lebih siap #BelajarDiRumahAja. Ayo Bunda, manfaatkan waktu luang di rumah untuk bermain sambil belajar bersama Si Buah Hati. Selamat mencoba!