4 Tips Agar Si Buah Hati Siap Berpuasa

Dipublish Tanggal 24 April 2020 13:02:54

Puasa tentunya bukan hal yang mudah bagi Si Buah Hati, apalagi bagi Si Buah Hati yang baru akan memulai puasa pertamanya. Jadi, wajar saja bila ia akan sering mengeluh merasa lapar dan mungkin juga sulit dibangunkan saat waktu sahur. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Bunda ikuti untuk membantu menyiapkan mental dan fisik Si Buah Hati agar siap berpuasa:

1. Beri Edukasi Seputar Manfaat Puasa

Untuk membantu menyiapkan mental Si Buah Hati, beri tahu alasan mengapa berpuasa itu penting dan baik bagi kesehatannya. Jelaskan dengan cara yang menyenangkan dan mudah dimengerti Si Buah Hati. Ajarkan juga ia untuk beribadah seperti solat dan mengaji, serta beri contoh bahwa bulan puasa bukanlah saatnya untuk bermalas-malasan. Ada banyak kegiatan seru yang bisa Bunda dan Si Buah Hati lakukan bersama, contohnya bisa dicek di sini.

2. Ciptakan Suasana Berpuasa yang Menyenangkan

Berikan Si Buah Hati motivasi untuk terus menjalankan puasa hingga waktunya berbuka tiba. Pastikan ia berpuasa dengan hati riang gembira. Jika Si Buah Hati belum bisa menjalankan puasa secara penuh, sebaiknya jangan dipaksakan. Bunda dapat mengajarkannya berpuasa setengah hari terlebih dahulu sampai ia merasa siap untuk menjalankan puasa sehari penuh, hingga satu bulan penuh.

Bunda juga bisa atur waktu untuk ngabuburit bersama Si Buah Hati untuk menghapus kebosanan selama berpuasa. Ajak ia tetap aktif dengan piknik di halaman rumah dan berbuka puasa setelahnya.

Ciptakan Suasana Berpuasa yang Menyenangkan

Read More ...