Tips Mudik Seru Bersama Anak

Tips Mudik Seru Bersama Anak

Mudik saat hari raya sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia dan merupakan momen berharga untuk mempererat hubungan seluruh anggota keluarga. Melakukan perjalanan jauh bisa menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan jika tidak dipersiapkan dengan baik. Kemacetan, keterlambatan jadwal kendaraan umum dan waktu tempuh perjalanan yang lama bisa membuat anak-anak lelah dan rewel. Ayah dan Bunda, yuk coba beberapa tips ini untuk memastikan perjalanan mudik keluarga menyenangkan:

 

1. Persiapan yang Baik

Siapkan perjalanan sebaik-baiknya seperti memastikan cek ban kendaraan, datang ke bandara atau stasiun tepat waktu, tentukan rute perjalanan sebelum berangkat, unduh peta virtual, dan siapkan tiket serta dokumen perjalanan agar tidak ketinggalan. Dengan begini perjalanan mudik akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Mudis Seru image 1

 

2. Bawa Mainan Favorit dan Ciptakan Game Sendiri

Antisipasi kebosanan Si Buah Hati dalam perjalanan dengan tidak lupa membawakan mainan favorit atau buku kesukaannya. Bisa juga sesekali membiarkannya main game di gawai Anda. Alternatif kegiatan lainnya adalah mengajaknya bermain teka-teki, tebak gambar/kata, atau ceritakan hal-hal seru mengenai keluarga dan kampung halaman yang akan dikunjungi. Dijamin suasana mudik semakin seru.

article 10 img 2

 

3. Sering-sering Istirahat

Jika naik kendaraan pribadi, sebisa mungkin hentikan kendaraaan untuk beristirahat tiap 2-3 jam. Selain untuk melepas lelah pengemudi, juga untuk mencegah anak-anak dari kebosanan. Saat berhenti untuk beristirahat, usahakan cari tempat dimana Ayah dan Bunda bisa membawa anak-anak menikmati alam sekitar atau bahkan berpiknik sejenak.

article 10 img 3

 

4. Siapkan Camilan dan Minuman

Hal lain yang dapat mengganggu perjalanan adalah jika anak-anak mendadak lapar dan tidak ada warung di daerah yang sedang dilewati atau tidak bisa berhenti karena sedang naik kereta atau pesawat. Siapkan snack favoritnya, baik yang ringan maupun yang berkalori padat agar cukup mengenyangkan, dan minuman yang cukup. Jangan lupa membawa Dancow Fotrigro yang nutrisinya membantu menjaga imunitas tubuh Si Buah Hati selama mudik. Alt. 1

article 10 img 4

 

5. Siapkan Tas Serba Ada

Demi memastikan perjalanan lancar tak ada salahnya menyiapkan sebuah tas yang berisi beberapa hal penting berikut:

• Tisu basah, tisu kering dan cairan antiseptik untuk tangan

• P3K seperti obat penurun demam, minyak angin, obat merah dan plester

• Peralatan mandi seperti sabun, sampo, sikat dan pasta gigi

• Baju ganti

• Selimut tipis, jaga-jaga jika AC kendaraan terlalu dingin.

article 10 img 5

 

Nah, sekarang semua telah siap, selamat mudik ya, semoga perjalanannya aman dan menyenangkan!